Istana Bocorkan Tujuan Reshuffle Kabinet

Foto: Reshuffle Kabinet

KBRN, Jakarta: Presiden Joko Widodo melantik enam menteri baru sebagai bagian dari perombakan (reshuffle) Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/12).

Presiden juga melantik lima wakil menteri baru serta kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Badan Restorasi Gambut (BRG).

Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman

 mengatakan, enam menteri dan lima wakil menteri bergabung dalam kabinet pemerintahan Joko Widodo-Maruf Amin yang akan menyelesaikan masa baktinya hingga 20 Oktober 2024.

"Kabinet Indonesia Maju bersama-sama sebagai kesatuan tim kerja akan menuntaskan visi sekaligus legacy (warisan) Presiden Joko Widodo dan Wapres Maruf Amin yaitu terwujudnya Indonesia Maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian, berlandaskan gotong royong," kata Fadjroel dalam keterangan tertulisnya, Kamis (24/12/2020).

Selain itu, kata ia, para pembantu Jokowi ini harus sejalan dengan misi Nawacita serta lima prioritas kerja (panca karya) Pembangunan Sumber Daya Manusia, Pembangunan Infrastruktur, Penyederhanaan Regulasi, Penyederhanaan Birokrasi dan Transformasi Ekonomi. 

"Termasuk mewujudkan Ibukota Negara baru di Bukit Sepaku, Penajam, Kalimantan Timur, melaksanakan UU Cipta Kerja dan menuntaskan vaksinasi gratis Covid-19, dimana Presiden Joko Widodo menjadi orang pertama yang akan menerima vaksin Covid-19 tersebut," kata Fadjroel.

Keenam menteri baru ini adalah Tri Rismaharini. Wali Kota Surabaya itu diberi mandat sebagai Menteri Sosial menggantikan Juliari Batubara.

Kedua, Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sandiaga menggantikan posisi Wishnutama Kusubandio. 

Ketiga, Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan. Budi menggantikan posisi Terawan Agus Putranto. 

Keempat, Yaqut Cholil Quomas atau lebih dikenal sebagai Gus Yaqut sebagai Menteri Agama. Yaqut menggantikan posisi Fachrul Razi. 

Kelima, Wahyu Sakti Trenggono untuk menggantikan posisi Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KP). 

Keenam atau terakhir, M Lutfi sebagai Menteri Perdagangan. M Lutfi menggantikan posisi Agus Suparmanto.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00