Siapa Jozeph Paul Zhang? Ini Latar Belakangnya

Jozeph Paul Zhang (foto:istimewa)

KBRN, Jakarta: Nama Jozeph Paul Zhang saat ini sedang banyak diperbincangkan oleh masyarakat dunia, karena dirinya mengaku sebagai nabi ke-26. 

Pengakuannya tersebut ia layangkan melalui sebuah forum diskusi via Zoom yang ditayangkan di akun YouTube pribadinya. Hal tersebut sontak membuat banyak pihak menganggap jika itu merupakan penistaan agama. 

Atas aksinya itu, Jozeph dilaporkan ke Bareskrim Polri oleh Husin Shahab, Sabtu (17/4). Laporan itu teregister LP/B/0253/IV/2021/BARESKRIM tertanggal 17 April 2021.

Lalu siapa sebenarnya Josep Paul Zhang? 

Pemilik nama asli Shindy Paul Soerjomoelyono, ternyata sengaja menggunakan nama Josep Paul Zhang sebagai nama akun Youtube pribadinya. Ia tercatat meninggalkan Indonesia menuju Hong Kong tanggal 11 Januari 2018 dengan paspor yang diterbitkan Imigrasi Semarang dengan masa berlaku hingga 19 Maret 2022.

Sementara itu, pelapor Jozeph, Husin Shahab, mengklaim mendapat informasi bahwa Jozeph berada di Jerman.

Dalam video yang sempat viral di media sosial tersebut, Jozeph Paul Zhang sengaja menantang warga untuk melaporkannya ke polisi karena mengaku sebagai nabi ke-26. Ia membuka forum Zoom bertajuk 'Puasa Lalim Islam' dengan menyapa peserta yang ada di beberapa belahan dunia.

Tidak hanya itu, dalam video tersebut, yang bersangkutan dengan entengnya menistakan Islam. Bahkan disebutnya "Allah dikurung di ka'bah".

"Yang bisa laporin gua penistaan agama, nih gua nih nabi ke-26, Josep Fauzan, meluruskan kesesatan ajaran nabi ke-25 dan kecabulannya yang maha cabullah. Kalo anda bisa laporan atas penistaan agama, Gua kasih loh satu laporan Rp1 juta, maksimum 5 laporan supaya jangan bilang gua ngibul kan," kata Jozeph dalam video yang viral di media sosial itu.

Beberapa peserta kemudian ikut berkomentar soal puasa. Hingga kemudian Jozeph Paul Zhang mengaku merasa tidak nyaman dengan adanya bulan puasa, Ia bahkan menyebut suasana menjelang Idul Fitri sebagai sesuatu yang mengerikan.

Melalui video-video yang diunggahnya di YouTube, Jozeph Paul Zhang menyebutkan dirinya sebagai Ps atau Pastor dan bergelar Mth (Master of Theology). Pria tersebut kerap berbicara mengenai agama Kristen.

Sementara di blog pribadinya, yang bersangkutan mengaku sebagai apologet Kristen dan pernah membaptis ratusan muslim. Apologet atau apologetika berasal dari kata Yunani apologia yang bermakna 'membela iman'.

Kemudian di diskripsi channel Youtube-nya, Jozeph merupakan pendiri The FIRM Foundation (Indonesia) dan Hagios Apologetic Center (Eropa). Ia juga membuka kursus Alkitab bersertifikat melalui saluran zoom.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00