[Cek Fakta] Pasukkan Militer Turki Bantu Palestina

Pasukkan Militer Turki Bantu Palestina (foto:istimewa)

KBRN, Jakarta: Beredar sebuah video di media sosial facebook yang menyatakan bahwa terdapat pasukan militer Turki tiba di Palestina untuk membantu melawan pasukan militer Israel. 

Video tersebut pertama kali viral dari Akun facebook Burhan Burhan membagikan video ini pada 14 Mei 2021. Dalam unggahannya ia memberikan kutipan "Ketibaan pejuang turqy di tanah palestina".

Dalam video berdurasi satu menit 32 detik itu, menggambbarkan beberapa kendaraan militer yang disambut warga dengan membawa bendera Turki.

Berdasarkan penelitian ternyata video yang menyatakan pasukan Turki membantu Palestina adalah salah. Faktanya, video tersebut adalah pasukan militer Turki yang akan bertempur dalam Operasi Ranting Zaitun melawan pemberontak Kurdi.

Video tersebut diunggah di kanal youtube Aksu TV Haber dengan judul "Kahramanmara?’ta Mehmetçi?e sevgi seli" pada 14 Februari 2018.

Dalam keterangan video tersebut warga menyambut konvoi militer di daerah perbatasan dalam Operasi Ranting Zaitun. Warga mengadakan upacara perpisahan di pusat distrik Pazarc?k, Kahramanmara?.

Dilansir dari voaindonesia.com, Turki melancarkan operasi “Ranting Zaitun” pada 20 Januari menyerang milisi Satuan Perlindungan Rakyat Kurdi Suriah, YPG,di wilayah kantong Afrin, mendukung pasukan oposisi Suriah dengan serangan udara dan pasukan darat. Presiden Recep Tayyip Erdogan telah mengancam akan meluaskan serangan terhadap YPG ke Manbij, yang terletak di timur Afrin.

Hubungan antara Ankara dan Washington memburuk sejak Turki melancarkan operasi militer itu. Amerika menyerukan Turki untuk menahan diri dan menyatakan kekhawatiran mengenai dampaknya terhadap perang melawan ISIS.

Salah satu isu yang menegangkan hubungan kedua negara adalah fakta bahwa Amerika mempersenjatai milisi YPG sejak tahun lalu, dalam pertempuran melawan ISIS.

Kesimpulan

Klaim video pasukan militer Turki tiba di Palestina untuk membantu melawan pasukan militer Israel adalah salah. Faktanya, video tersebut adalah pasukan militer Turki yang akan bertempur dalam Operasi Ranting Zaitun melawan pemberontak Kurdi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00