[Cek Fakta] Gudang Senjata China Meledak

[Cek Fakta] Gudang Senjata China Meledak (foto:istimewa)

KBRN, Jakarta: Beredar sebuah video yang memperlihatkan sebuah kebakaran di sebuah gudang senjata di China.

Kebakaran tersebut diunggah oleh akun Facebook bernama Nur Mujahidah New yang mengklaim kebakaran tersebut terjadi pada pagi hari di tanggal 25 Juli 2021. Berikut narasinya:

“Gudang senjata di China meledak dalam kebakaran pagi ini…Alhamdulillah Wasyukurillah Allah bayar tunai atas kedzolimannya yg selalu berusaha menguasai Seluruh dunia dan termasuk Indonesia….Hari Sabtu tgl 19 Banjir Bandang skrg gudangsenjatanya musnah,,semoga Allah hancurkan semuanya..Aamiin”

Berdasarkan penelusuran, ditemukan jika video yang yang beredar tersebut terdiri dari beberapa cuplikan kejadian-kejadian yang berbeda. 

Jika dilihat dengan teliti pada awal video ditampilkan sebuah ledakan besar yang merupakan ledakan di Beirut, Lebanon pada 4 Agustus 2020, Perdana Menteri Hassan Diab menjelaskan bahwa ledakan tersebut terjadi di gudang amunisi bersumber dari bahan peledak yang disita sejak tahun 2014 dan disimpan di pelabuhan kota.

Sementara dicuplikan kedua pada akhir video merupakan rekaman amatir dari kebakaran sebuah pabrik spons di Komplek Industri Sihwa, Siheung, Gyeonggi-do, Korea Selatan yang terjadi pada 2 Juli 2021. 

Kebakaran besar tersebut akhirnya dapat dipadamkan setelah 7 jam dan tidak ada korban jiwa dari kejadian tersebut tetapi sempat menimbulkan kepanikan karena besarnya api.

Kesimpulan

Berdasarkan sumber penjelasan di atas diketahui jika video ledakan yang mengklaim itu adalah gudang senjata di China itu tidak benar sehingga termasuk dalam kategori Konten yang Salah/False Context.

Faktanya, video tersebut terdiri dari beberapa cuplikan dari kejadian yang berbeda. Cuplikan pertama adalah ledakan yang terjadi di Beirut, Lebanon pada 4 Agustus 2020 dan cuplikan pada akhir video adalah kejadian kebakaran pabrik spons di Sihwa, Korea Selatan pada 2 Juli 2021.

Referensi

https://www.youtube.com/watch?v=soNra4m5TLQhttps://www.youtube.com/watch?v=_xc9Hmr8IvUhttps://www.cnbcindonesia.com/news/20200805062756-4-177444/bak-bom-atom-ini-penyebab-ledakan-dahsyat-di-beirut-lebanonhttps://mustsharenews.com/lebanon-beirut-explosion/https://www.tellerreport.com/tech/2021-07-03-big-fire-at-sponge-factory–extinguished-in-7-hours—-all-night-horror.rJfL78yR3u.htmlhttps://www.youtube.com/watch?v=eX1cwFRlhy0 (AL)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00