[Cek Fakta] Cat Kuku Pendeteksi Obat

[Cek Fakta] Cat Kuku Pendeteksi Obat (foto: istimewa)

KBRN, Jakarta: Beredar sebuah informasi disertakan foto yang menyatakan empat mahasiswa dari North Carolina State University mengembangkan cat kuku yang dapat mendeteksi obat pemerkosa, termasuk GHB obat yang umum dipakai untuk obat pemerkosaan. 

Namun, setelah ditelusuri, informasi tersebut salah. Alat pendeteksi tersebut dapat mendeteksi Xanax atau alprazolam, Valium (diazepam), dan flunitrazepam, namun tidak dapat mendeteksi GHB obat yang umum dipakai sebagai obat pemerkosaan dan Ketamin yang biasa dipakai untuk obat bius.

Sementara sehatq.com, GHB atau Gamma Hydroxybutyrate merupakan depresan sistem saraf pusat, fungsinya untuk menenangkan yang mengonsumsinya.

Maka dapat disimpulkan jika cat kuku pendeteksi obat pemerkosa termasuk obat GHB merupakan hoaks dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

Faktanya Date Rape Drug test dapat mendeteksi jenis obat Xanax atau alprazolam, Valium (diazepam), dan flunitrazepam, namun tidak dapat mendeteksi jenis obat GHB yang umum dipakai untuk obat pemerkosa.

Referensi

Facebook https://bit.ly/3yRx6Xmhttps://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2021/09/SALAH-Pendeteksi-GHB.pdf

(imr)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00