[Cek Fakta] Internet Mati Akibat Perbaikan Kabel

[Cek Fakta] Internet Mati Akibat Perbaikan Kabel (foto: istimewa)

KBRN, Jakarta: Beredar sebuah informasi yang menyatakan bahwa akan ada perbaikan kabel jaringan bawah laut Palapa Ring.

Informasi yang tersebar melalui pesan berantai WhatsAppy tersebut juga menarasikan bahwa perbaikkan tersebut akan mengakibatkan jaringan internet mati pada tanggal 24-30 September 2021.

Namun setelah melakukan penelusuran melalui Kominfo, informasi tersebut adalah keliru. 

Jacson Baginda Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sitaro menjelaskan bahwa Palapa Ring paket tengah memang akan mengalami perbaikan dalam waktu dekat. 

Selama perbaikan kabel fiber optik Palapa Ring, layanan jaringan internet di Kabupaten Kepulauan Sitaro akan terus diupayakan tersedia, bukan mati total.

Maka dapat disimpulkan jika informasi tersebut adalah hoaks atau salah. 

Faktanya, Selama perbaikan kabel fiber optik Palapa Ring, layanan jaringan internet di Kabupaten Kepulauan Sitaro akan terus diupayakan tersedia, bukan mati total.

Referensi

https://www.portalsitaro.com/2021/09/masyarakat-jangan-termakan-informasi.htmlhttps://manado.tribunnews.com/2021/09/15/perbaikan-kabel-fiber-optik-bawah-laut-link-sitaro-sangihe-segera-bergulirhttps://www.kominfo.go.id/content/detail/37077/hoaks-jaringan-internet-akan-mati-dalam-rangka-perbaikan-kabel-bawah-laut-palapa-ring/0/laporan_isu_hoaks

(imr)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00