Waduk Baru Jakut Dioperasikan Sebagai Kolam Retensi

KBRN, Jakarta: Pemerintah Kota Jakarta Utara (Jakut), masih melakukan pengerjaan tiga waduk barunya. Ketiga waduk tersebut yakni Waduk Belibis, Kesatrian, dan Rawa Malang yangt masih dikerjakan hingga saat ini. 

Meski demikian, ketiga waduk yang berlokasi di Kecamatan Cilincing dipastikan dapat dioperasikan sebagai kolam retensi dalam menghadapi musim hujan mendatang.

"Di Jakarta Utara ada tiga waduk yang sedang kita kerjakan. Ada Waduk Belibis, Kesatrian, dan Rawa Malang," kata Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Kota Jakarta Utara, Adrian Mara Maulana saat dikonfirmasi, Kamis (23/9/2021).

Saat ini progres, pengerjaan waduk mencapai 50%. Waduk dapat dijadikan sebagai kolam retensi, menampung air hujan hingga nantinya kembali dialirkan melalui saluran air yang bermuara ke laut menggunakan mesin pompa mobile.

"Waduk itu sudah bisa kita uji coba di musim hujan tahun ini. Pengerjaannya harus berjalan karena standar waduk harus ada misalkan site pile dan in-out (aliran air keluar masuk). Sementara ini juga kita masih menggunakan pompa mobile di sana," ungkap Adrian. 

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara tengah memetakan titik genangan dengan koordinasi antar Unit Pelaksana Kerja Daerah (UKPD), camat, lurah, pemangku kepentingan (stakeholder), dan elemen masyarakat. Pemetaan bertujuan mendata titik genangan termasuk solusi dalam mengantisipasi genangan saat musim hujan mendatang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00