Aplikasi Loketku Siap Dilaunching Pada Peringatan Hantaru

Layanan Loketku. (Foto: dok Kementerian ATR/BPN)

KBRN, Jakarta: Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) telah merampungkan aplikasi Loketku. Bahkan aplikasi tersebut siap dilaunching pada peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional (Hantaru) Tahun 2021 yang jatuh pada, Jumat (24/9/2021) besok. 

Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) Kementerian ATR/BPN, Yulia Jaya Nirmawati mengatakan aplikasi Loketku bakal dilaunching langsung oleh Menteri ATR/BPN Sofyan A. Djalil.

"Aplikasi Loketku akan diluncurkan besok pukul 13.00 WIB oleh Pak Menteri," kara Yulia Jaya Nirmawati dalam jumpa pers yang digelar secara virtual, Kamis (23/9/2021).

Loketku merupakan aplikasi layanan mandiri pertanahan online bagi masyarakat sebagai bagian dari upaya transformasi digital yang dilakukan Kementerian ATR/BPN. Yulia Jaya Nirmawati menjelaskan bahwa aplikasi Loketku dapat membantu masyarakat dalam mendaftarkan berkas permohonan layanan pertanahan. 

Permohonan layanan elektronik itu dapat dilakukan melalui tautan loketku.atrbpn.go.id dimana masyarakat dapat mendaftarkan berkas permohonan layanan pertanahan di seluruh kantor pertanahan (kantah) se-Indonesia dari rumah.

"Layanan informasi publik ini dapat diakses oleh masyarakat dari rumah atau dari mana saja. Jadi masyarakat tak harus datang ke kantor pertanahan," ujar Yulia.

Layanan Loketku dapat dilihat melalui aplikasi Sentuh Tanahku. Setiap pemohon dapat melakukan pendaftaran melalui aplikasi Sentuh Tanahku terlebih dahulu. Setelah divalidasi, pemohon baru bisa mengakses layanan Loketku dalam aplikasi Sentuh Tanahku.

Kementerian ATR/BPN terus melakukan sosialisasi aplikasi tersebut untuk meningkatkan awareness khususnya kepada kepala kantor wilayah (kakanwil) BPN seluruh Indonesia. Sehingga aplikasi Loketku dapat diterapkan secara efektif oleh jajaran kantah di dan satuan kerja (satker) Kementerian ATR/BPN di seluruh wilayah di Indonesia. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00