[Cek Fakta] Lingkaran Tabung Merah Tanda Kebocoran

[Cek Fakta] Lingkaran Tabung Merah Tanda Kebocoran (foto: istimewa)

KBRN, Jakarta: Beredar sebuah foto yang memperlihatkan sebuah tabung LPG 3 Kg. 

Foto yang diunggah oleh akun instagram bernama @/infodenpasarbali_ tersebut mengunggah gambar dengan narasi klaim bahwa tanda lingkaran merah pada bagian atas tabung adalah sebagai penanda tabung masih aman atau tidak. 

Jika lingkaran berwarna menjadi hitam maka segera menyelamatkan diri karena tabung bisa meledak.

Namun setelah dilakukan penelusuran, info ini merupakan info menyesatkan yang sudah cukup lama beredar. 

Faktanya, Senior Spv Comm & Rel Pertamina MOR IV, Arya Yusa Dwicandra, menjelaskan bahwa lingkaran merah pada tabung gas itu merupakan penanda kebocoran adalah tidak benar alias hoaks. Lingkaran merah tersebut penanda bahwa elpiji barang berbahaya, jadi penggunaannya harus secara hati-hati.

“Lingkaran merah adalah tanda yang digunakan sebagai identifikasi bahan berbahaya yang berpotensi menyebabkan kebakaran,” kata Arya, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (14/12/2019).

Adapun, indikator kebocoran tabung elpiji adalah bau merkaptan (bau khas zat pembau elpiji) yang menyengat. Penggolongan warna merah sebagai indikator bahan berbahaya mudah terbakar sesuai dengan ketentuan American National Standards Institute (ANSI) atau National Fire Protection Association (NFPA).

Kemudian untuk ciri-ciri tabung LPG mengalami disfungsi adalah seperti tercium bau gas menyengat, terdapat bunga es pada titik kebocoran di tabung LPG, terdengar bunyi mendesis pada regulator, dan muncul gelombang udara dari titik kebocoran jika diusap dengan air sabun.

Hoaks serupa sudah pernah diverifikasi pada laman turnbackhoax.id pada desember 2018, desember 2019, dan oktober 2020.

Maka dapat disimpulkan informasi tersebut adalah hoaks atau tidak benar. FAKTANYA, lingkaran merah di tabung gas LPG merupakan sebuah standar SNI melambangkan bahwa benda tersebut mudah terbakar.

Referensi:https://turnbackhoax.id/2021/09/23/salah-lingkaran-merah-di-tabung-gas-lpg-penanda-jika-terdapat-kebocoran/http://bitly.ws/gCji

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00