FOKUS: #PEMBELAJARAN ERA PANDEMI

Perguruan Tinggi di Pamekasan Terapkan PTM Terbatas

KBRN, Pamekasan: Sejumlah perguruan tinggi di Kabupaten Pamekasan mulai melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas, di antaranya IAIN Madura dan Universitas Madura. 

Rektor IAIN Madura, Mohammad Kosim mengatakan, dimulainya PTM terbatas ini berdasarkan Instruksi Mendagri Nomor 35 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat.

"Itu setiap kelas separuh-separuh, kalau 40 mahasiswa, ya 20 mahasiswa masuk tatap muka terbatas, separuhnya daring dari rumah masing-masing, kemudian minggu depannya dibalik, yang sebelumnya daring menjadi luring, dan yang sebelumnya luring menjadi daring, terus begitu," jelasnya, Kamis (30/9/2021). 

Menurut Kosim, di awal September lalu, Kabupaten Pamekasan masuk ke level 2, sehingga secara aturan yang berlaku memungkinkan untuk melaksanakan PTM terbatas. 

Sementara itu, Rektor Universitas Madura, Faisal Estu Yulianto menuturkan, pihaknya telah memulai PTM terbatas sejak dua minggu terakhir ini. 

"Hanya semester satu dan semester tiga, kemudian di kelas itu 50 persen, sedangkan yang lainnya masih daring," ujarnya.

Dia berharap dengan dimulainya PTM ini, capaian pembelajaran yang diharapkan dapat terpenuhi dengan baik, karena sementara ini untuk wilayah Madura, PTM masih lebih baik daripada daring.

Dalam pelaksanaan PTM terbatas ini, pihak kampus tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat seperti mengatur jarak tempat duduk  mahasiswa dan mewajibkan memakai masker, serta memfasilitasi vaksinasi Covid-19. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00