Jakarta-Bandung Siap Tuan Rumah KTT Y20

Pengurus IYD KTT Y20 saat menemui Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis (21/10/2021). (Dok. Istimewa)

KBRN, Jakarta: DKI Jakarta dan Bandung, Jawa Barat, telah menyatakan siap menjadi kota pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi Youth-20 (Y20) Indonesia yang akan diselenggarakan pada 2022 mendatang.

Michael Victor Sianipar, Ketua Indonesian Youth Diplomacy (IYD), sebuah organisasi kepemudaan yang ditunjuk oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI sebagai penyelenggara Y20 menyampaikan, bahwa Y20 di Indonesia tahun depan adalah momen bersejarah bagi keterlibatan anak muda dalam menentukan masa depan dunia.

“Ini kesempatan yang tidak akan terjadi setiap tahun. Kita perlu menunggu 19 tahun lagi untuk jadi tuan rumah. Y20 Indonesia tahun depan harus kita persiapkan dengan baik sebagai momen bersejarah bagi pemuda Indonesia dan dunia,” ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima RRI.co.id di Jakarta, Sabtu (23/10/2021).

Michael menjelaskan, kesiapan Jakarta-Bandung sebagai kota pelaksana itu disampaikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada saat audiensi yang dilakukan oleh IYD pada 21 Oktober 2021 lalu.

Michael menuturkan, Y20 merupakan bagian dari rangkaian acara G20 yang berfokus pada keterlibatan pemuda dari negara-negara G20 dalam perumusan kebijakan strategis dalam forum G20.

Pemilihan Jakarta dan Bandung sebagai tuan rumah penyelenggaraan Y20 tahun depan bukan tanpa alasan.

Dalam Y20 nantinya akan dibahas isu-isu prioritas seperti ketenagakerjaan pemuda, transformasi digital, keberlanjutan lingkungan hidup, serta keberagaman dan inklusi. 

“Jakarta dan Bandung merepresentasikan isu-isu yang akan kita bahas,” ujar Syahid Deradjat, Wakil Ketua Pelaksana KTT Y20 Indonesia 2022.

Pemilihan Jakarta dan Bandung sebagai tuan rumah Y20 tahun depan mendapatkan sambutan positif dari Gubernur Anies Baswedan dan Gubernur Ridwan Kamil.

Sebanyak seratus delegasi pemuda dari negara-negara G20 dan negara-negara yang diundang lainnya akan datang ke Jakarta dan Bandung pada Juli 2022 nanti.

Anies Baswedan mengatakan, bahwa keberagaman dan inklusifitas adalah keunggulan dari Jakarta.

“Tidak ada kota lain di Indonesia yang punya tingkat keberagaman setinggi kota Jakarta. Meskipun beragam tapi bisa hidup berdampingan. Ini yang musti ditunjukkan di event kelas internasional seperti Y20 nanti,” katanya.

Secara terpisah, Ridwan Kamil juga menyampaikan, bahwa selain maju dalam transformasi digital, Bandung memiliki niat historis yang kuat.

“Penyelenggaraan KTT Y20 tahun depan sejalan dengan semangat diplomasi persatuan yang dibangun oleh Bandung sejak Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955,” ungkapnya.

Dalam KTT tersebut, delegasi akan diajak untuk tidak hanya berdiskusi tentang isu-isu prioritas tetapi juga belajar tentang Indonesia.

“Selain berencana mendatangkan tokoh-tokoh hebat dari Indonesia, kami ingin para delegasi juga menikmati Indonesia dari berbagai aspek, baik secara sosial, sejarah, ekonomi, maupun budayanya,” ujar Rahayu Saraswati, Kepala Divisi Program KTT Y20 Indonesia 2022.

Tempat-tempat seperti komplek Kota Tua di Jakarta dan Gedung Asia Afrika di Bandung dibidik sebagai lokasi yang akan digunakan dalam penyelenggaraan KTT Y20 tahun depan.

Selain akan disambut oleh kedua Gubernur, KTT Y20 juga berencana menghadirkan Presiden Joko Widodo untuk menerima hasil communique atau rekomendasi kebijakan yang dirumuskan oleh para delegasi pemuda dari negara-negara G20 nantinya. (Miechell Octovy Koagouw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00