[Cek Fakta] Poster Film Varian Omicorn 

[Cek Fakta] Poster Film Varian Omicorn (foto:istimewa)

KBRN, Jakarta: Beredar sebuah unggahan poster film mengenai variant Omicorn. Poster tersebut memperlihatkan judul The Omicron Variant yang diklaim telah ditayangkan pada tahun 1963. 

Poster film yang beredar melalui media sosial Facebook itu memperlihatkan pula potongan tangan dengan seekor serangga serta sepasang pria dan wanita dengan posisi wajah menengadah ke atas. Poster tersebut dibagikan seiring munculnya Covid-19 varian Omicron. 

Namun saat ditelusuri melalui Kominfo, poster yang diklaim sebagai poster film The Omicron Variant yang telah ditayangkan pada 1963 adalah keliru. 

Poster tersebut merupakan hasil suntingan dari poster film Sucesos En La IV Fase. Judul film yang asli dihilangkan dan diganti dengan judul The Omicron Variant. 

Film berjudul Omicron sendiri memang pernah beredar pada tahun 1963, namun film tersebut bukan berkisah mengenai virus, melainkan seorang alien yang mengambil alih jasad seorang pekerja pabrik.

Maka dapat disimpulkan jika Poster tersebut memperlihatkan judul The Omicron Variant yang diklaim telah ditayangkan pada tahun 1963 adalah hoaks atau tidak benar. 

Faktanya, poster tersebut merupakan hasil suntingan dari poster film Sucesos En La IV Fase.

Referensi:

https://www.kominfo.go.id/content/detail/38488/disinformasi-poster-film-the-omicron-variant-yang-ditayangkan-tahun-1963/0/laporan_isu_hoaks

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar