FOKUS: #PPKM

Warga Kecewa Terhadap Dinas LH Kota Bekasi

Warga Kemang Pratama II keluhkan pengangkutan sampah yang diduga dihentikan sepihak oleh Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Bekasi pada Rabu, 12 Januari 2022. (Leny/RRI)

KBRN, Bekasi: Warga Perumahan Kemang Pratama II Kota Bekasi mengeluhkan tindakan Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Bekasi yang diduga telah menghentikan layanan pengangkutan sampah di perumahan mereka sejak 11 Januari 2022. 

Ketua RT 04 Perumahan Kemang Pratama II, Josep Josafat Rahawarin, mengaku kecewa atas sikap Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi.

"Apa kita harus melakukan kegiatan pembersihan lingkungan sendiri sedangkan ada instansi atau dinas yang memang menanganinya. Dan kami membayar untuk itu (jasa angkutan sampah, red)," kata Oce kepada RRI.co.id di Bekasi, Rabu (12/1/2022).

Pasalnya, akibat tidak diangkutnya sampah, terjadi penumpukan di lingkungan warga yang sangat mengganggu.

Padahal, menurut pria yang akrab disapa Oce ini, warga sangat berharap Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi memberikan pelayanan maskimal kepada warga.

Salah satunya di bidang kebersihan yang menjadi tugas dan tanggung jawab mereka.

Pengakutan sampah di Perumahan Kemang Pratama II dihentikan. (Leny/RRI)

Oce juga sangat menyesalkan tidak adanya konfirmasi dari pihak Dinas Lingkungan Hidup kepada warga perihal dugaan penghentian layanan pengangkutan sampah.

"Tidak ada konfrimasi sama sekali kepada kami. Kami justru mendapat informasi itu dari UPTD Kontainer," terang Oce.

Atas persoalan tersebut, Oce berharap agar pihak Dinas Lingkungan Hidup bisa duduk bersama warga untuk mencari solusi atas permasalahan tersebut.

"Kami minta ada diskusi antara kami dengan pihak Dinas Lingkungan Hidup untuk mencari solusi bagi permasalahan sampah di lingkungan kami," kata dia.

Salah seorang warga, King Vidor, menyayangkan kejadian ini dan menilai pihak Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi tidak bijaksana.

"Harusnya mereka empati karena di masa pandemi, kami warga dalam kondisi sedang tidak baik-baik saja. Jangan asal ambil keputusan menghentikan layanan pengangkutan sampah di lingkungan kami," paparnya.

Sebagai informasi, di Perumahan Kemang Pratama II, layanan sampah dikelola oleh pihak RW 36, bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup.

Sementara itu,  khusus untuk RT 04, warga memilih tidak menginduk kepada RW 36, melainkan swakelola sendiri, bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi.

"Sayangnya sejak 11 Januari 2022, pihak Dinas Lingkungan Hidup secara sepihak menghentikan layanan pengangkutan sampah tanpa ada konfirmasi," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar