[Cek Fakta] Swab Test Sebabkan Kerusakan Kelenjar Pineal

Cek Fakta (foto: istimewa)

KBRN, Jakarta: Beredar sebuah foto berisikan informasi yang menyebutkan bahwa swab test mengakibatkan kerusakan kelenjar pineal. 

Unggahan tersebut beredar dengan narasi "Tak henti-hentinya diingatkan.. Ini efek test swab ... Contoh nya merusak kelenjar Piniel dinding serabut perasa.. Hingga rasa takut makin bertambah. Hilangnya kepekaan. Astaghfirullah... SADARLAH !!".

Saat idtelusuri melalui Kominfo,informasi yang menyebutkan bahwa swab test mengakibatkan kerusakan kelenjar pineal adalah hoaks. 

Tes PCR terdiri dari pengambilan cairan dari tenggorokan dan bagian bawah lubang hidung dengan swab tidak terhubung ke tulang ethmoid. 

Pada saat pengambilan sampel tidak ada kerusakan pada tenggorokan maupun kelenjar pineal, sehingga swab test tidak menyebabkan kerusakan apa pun karena tidak masuk ke otak tetapi langsung ke bagian bawah rongga hidung.

Maka dapat disimpulkan jika informasi tersebut adalah hoaks atau tidak benar. Faktanya, swab test tidak terhubung ke tulang ethmoid. 

Referensi:

https://www.kominfo.go.id/content/detail/39479/hoaks-swab-test-mengakibatkan-kerusakan-kelenjar-pineal/0/laporan_isu_hoaks

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar