Letjen Maruli Simanjuntak Resmi Jadi Pangkostrad

Mayjen Maruli Simanjuntak resmi menjabat sebagai Panglima Kostrad (foto:istimewa)

KBRN, Jakarta: Letnan Jenderal Maruli Simanjuntak akhirnya resmi menjabat sebagai Panglima Kostrad (Pangkostrad) menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman yang saat ini menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Meskipun sebelumnya, teka-teki nama Pangkostrad masih menjadi rahasia, namun pengangkatan Maruli sebagai Pangkostrad diresmikan berdasarkan surat Keputusan nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI. SK diteken Jenderal TNI Andika Perkasa.

"Pangkostrad, dijabat oleh Mayjen TNI Maruli Simanjuntak," kata Kepala Pusat Penerangan TNI Mayor Jenderal TNI Prantara Santosa, dalam keterangannya, Sabtu (22/1/2022).

Dengan diangkatnya maruli menjadi Pangkostrad oleh KSAD Andhika, maka ia menaikka satu bintang menjadi Letjen.

Sebelum penunjukkan Maruli, santer ada dua nama yang diisukan menjadi kandidat paling kuat untuk kursi Pangkostrad. 

Satu lainnya adalah Mayjen Agus Subiyanto yang kini menjabat Pangdam III/Siliwangi. Namun, Agus juga mendapatkan posisi baru saat ini yakni sebagai Wakil KSAD.

Selain Pangkostrad, dalam keputsan itu ada 10 jabatan perwira tinggi bintang 3 yang dirotasi. Juga ada 28 jabatan yang termasuk dalam satuan baru di TNI sesuai Perpres nomo 66 tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar