RRI-KPU Sepakat Sosialisasi Penyelenggaraan Pemilu

RRI-KPU Sepakat Sosialisasi Penyelenggaraan Pemilu (Foto:RRI.co.id)

KBRN, Jakarta: Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI)  bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dalam rangka sosialisasi penyelenggaraan pemilihan umum kepada masyarakat secara luas. 

Kerjasama tersebut di awali dengan penyamaan persepsi yang dilakukan Direktur Program dan Produksi LPP RRI, Mistam saat menerima kunjungan dari Komisi Pemilihan Umum RI yang dipimpin oleh Kepala Bagian Hubungan Antar Lembaga, Dohardo Pakpahan yang berlangsung di ruang rapat Direktur Program dan Produksi, Rabu (26/1/2022).

Tak henti disitu, pada hari ini, Kamis (27/1/2022), giliran LPP RRI yang bertandang ke kantor KPU RI. Direktur Program dan Produksi LPP RRI, Mistam didampingi Direktur Layanan dan Pengembangan Usaha, Yonas Markus Tuhuleruw diterima  Anggota KPU, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi beserta jajaran.

Pertemuan itu kembali dilakukan untuk membahas draf nota kesepahaman antara KPU dan RRI terkait sosialisasi, publikasi, dan edukasi pemilih dalam menyampaikan pemilihan umum serentak Tahun 2024.

"Sosialisasi penyelenggaraan pemilu ini bukan semata-mata tanggung jawab KPU, namun juga RRI. Sehingga RRI harus berkolaborasi dengan berbagai pihak termasuk KPU," kata Mistam, di Jakarta, Kamis (27/1/2022).

Sementara itu, Anggota KPU, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi mengatakan tahun 2024 merupakan tahun politik terbesar sehingga memerlukan persiapan yang matang.

Ia pun memastikan KPU akan selalu hadir dalam rangka sosialisasi pemilu, terlebih semakin masifnya isu SARA dan berita bohong atau hoax agar dapat diantisipasi

"Selain fokus pada pemilihan, KPU juga fokus pada sosialisasi, serta pendidikan politik yang juga harus dilaksanakan," kata Kade.

Kade pun mengapresiasi peran penting RRI dalam membantu KPU mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya Pemilu, sehingga masyarakat mendapat pijakan media yang dapat dipercaya.

"Peran RRI sangat penting, apalagi RRI ada di seluruh Indonesia," tandas Kade.

Menurut rencana MoU RRI-KPU akan ditandatangani oleh Direktur Utama LPP RRI, I Hendrasmo dan Ketua KPU RI, Ilham Saputra pada bulan Februari mendatang. 

Sehingga pada Agustus 2022 sudah mulai dapat dilakukan Sosialisasi. 

Seperti diketahui, pemilu sendiri akan berlangsung pada 14 Februari 2024, sedangkan Pilkada 27 Nopember 2024.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar