Hari Hipertensi Sedunia Diperingati Tiap 17 Mei

Ilustrasi - Hari Hipertensi Sedunia 2022 atau dikenal sebagai World Hypertension Day jatuh pada 17 Mei. (Foto Ilustrasi: Direktorat P2PTM Kementerian Kesehatan RI)

KBRN, Jakarta: Hari Hipertensi Sedunia 2022 atau dikenal sebagai World Hypertension Day jatuh pada 17 Mei. 

Momen ini dirayakan dengan tujuan menyadarkan masyarakat terkait pentingnya mengenali gejala, faktor risiko, dan cara mencegah tekanan darah tinggi.

Hipertensi adalah kondisi umum saat tekanan darah terhadap dinding arteri cukup tinggi dan dapat memicu masalah kesehatan, seperti penyakit kardiovaskular. 

Kondisi ini juga ditentukan oleh jumlah darah yang dipompa jantung dan jumlah resistensi terhadap aliran darah di arteri.

Meski gejalanya sering tidak terlihat, hipertensi masih dapat dideteksi dan dikontrol dengan baik.

BACA JUGA: Sejarah Hari Buku Nasional di Indonesia

Sejarah hari hipertensi sedunia bermula saat The World Hypertension League (WHL) dan 85 negara sebagai anggota memprakarsai Hari Hipertensi Sedunia (WHD) pada tahun 2005.

Tujuan dari WHD adalah untuk mengkomunikasikan kepada publik pentingnya hipertensi dan dampaknya.

Serta memberitahukan terkait komplikasi medis yang serius akibat hipertensi, dan informasi tentang pencegahan, deteksi dini, dan pengobatan.

WHL meluncurkan WHD pertamanya pada 14 Mei 2005.

Sejak tahun 2006, WHL telah mendedikasikan 17 Mei setiap tahun sebagai WHD.

Banyak negara anggota telah menerima gagasan tersebut dan telah melakukan sejumlah kegiatan di negaranya masing-masing untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya hipertensi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar