KRL Bogor/Bekasi Berubah Rute 28 Mei

KRL Commuter Line sedang menyusuri rel. Istimewa

KBRN, Jakarta: PT Kereta Api Indonesia (KAI Commuter) mengumumkan, mulai 28 Mei 2022 mendatang akan mengubah layanan rute KRL dari Bogor dan Bekasi.

"Jadi pola operasi KRL Commuter Line akan mengalami perubahan yang cukup signifikan untuk Bogor Line dan Bekasi/Cikarang Line," kata Vice President (VP) Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, dalam keterangan tertulis diterima rri.co.id, Sabtu (21/5/2022). 

Nantinya, KRL Bogor hanya akan melayani penumpang rute langsung Bogor-Jakarta Kota. Jadi, bagi penumpang dari arah Bogor yang ingin ke Stasiun Sudirman, Stasiun Tanah Abang, ataupun Stasiun Kampung Bandan, harus transit di Stasiun Manggarai. 

Begitu juga pada KRL Bekasi, akan dialihkan dari semula melayani tujuan akhir ke Jakarta Kota, kini hanya akan langsung ke Stasiun Tanah Abang, Senen, hingga Jatinegara. 

"Jadi, penumpang dari arah Bekasi yang ingin ke Jakarta Kota, juga harus transit di Stasiun Manggarai," jelasnya. 

Penyesuaian Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) KRL Commuter Line ini dilakukan karena Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) tengah menyelesaikan pembangunan Stasiun Manggarai yang proses switch over (SO), atau perubahan rutenya dimulai pada 27 Mei atau Jumat malam hingga 28 Mei atau Sabtu dini hari. 

Diketahui  SO kali ini merupakan yang kelima, dan kegiatan SO 5 ini perlu dilakukan untuk menata dan mengkondisikan jalur kereta api di Stasiun Manggarai, sehingga pembangunan dapat dilanjutkan. 

“Kami akan memanfaatkan window time atau waktu jeda antara jam operasional kereta yang dimulai setelah kereta terakhir selesai beroperasi dan sebelum kereta pertama memulai perjalanan di esok harinya untuk pengerjaan SO 5 ini,” jelas Anne.

Total terdapat 8 titik pengerjaan saat SO 5 nanti dan akan menyambungkan Jalur 1 dan Jalur 3. Sehingga pekerjaan struktur sipil bangunan gedung Stasiun Manggarai sisi timur dapat dikerjakan, agar target pengoperasian bangunan gedung di tahun 2023 terealisasi.

Nantinya, setelah kegiatan SO 5 dilakukan, akan terjadi penyesuaian jalur di Stasiun Manggarai yang digunakan untuk melayani penumpang kereta api. Pasca SO 5 nanti, Jalur 1 dan Jalur 2 Stasiun Manggarai hanya akan melayani Kereta Api Jarak Jauh, dan Jalur 3 akan dinonaktifkan. 

"Sementara, untuk KRL Commuter Line lintas Bekasi/Cikarang Line akan dilayani di Jalur 6 dan Jalur 7 Stasiun Manggarai. Lintas Bogor Line akan dilayani di Jalur 10, Jalur 11, Jalur 12, dan Jalur 13," jelasnya kembali.

Berikut Perubahan Rute Layanan KRL Commuter Line per 28 Mei 2022:

  1. Semua KRL Bogor Line menuju ke Stasiun Jakarta Kota
  2. KRL Bekasi/Cikarang Line menggunakan 2 pola operasi

Full Racket (Looping)

  1. Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai – Kampung Bandan – Pasar Senen – Jatinegara – Bekasi/Cikarang
  2. Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Pasar Senen – Kampung Bandan – Manggarai – Jatinegara – Bekasi/Cikarang

Half Racket

  1. Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai - Tanah Abang – Kampung Bandan (PP)
  2. Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai - Tanah Abang - Angke (PP)
  3. Serpong Line, Tangerang Line dan KA Bandara Soetta tidak ada perubahan

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar