Manfaat Ikut Hari Bebas Kendaraan Bermotor

Kegiatan Car Free Day atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor kembali diselenggarakan di ibukota Jakarta, Minggu (22/5). Foto: RRI/Hanna Pratiwi)

KBRN, Jakarta: Car Free Day (CFD) atau hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) kembali digelar di Jakarta pada Minggu (22/5).

Berikut sederet manfaat mengikuti hari bebas kendaraan;

1. Ketersediaan ruang hijau lebih banyak

Jalanan yang terbebas dari kendaraan bermotor membuat ketersediaan ruang hijau menjadi lebih banyak. Ruang hijau tentunya dapat berguna untuk menghidupkan kembali beberapa keanekaragaman hayati yang telah hilang.

2. Momen untuk menyuarakan opini tentang lingkungan hidup

Dengan dilaksanakan CFD adalah sebuah upaya untuk menyuarakan opini demi mewujudkan perubahan lingkungan. Karena tujuan utama orang-orang datang ke CFD adalah untuk mendapatkan hidup yang lebih sehat.

3. Menyediakan infrastruktur untuk transportasi aktif

Setiap harinya, jalanan dipenuhi oleh kendaraan bermotor, mulai dari mobil, motor, bus, dan sebagainya. Namun ketika diadakan Car Free Day, jalanan tersebut dapat diisi dengan berjalan kaki, bersepeda, bermain sepatu roda, dan transportasi aktif lainnya. Dengan menyediakan ruang untuk transportasi aktif ini membuat tubuh lebih sehat dan mengurangi polusi udara yang akan merusak bumi.

4. Udara menjadi lebih sejuk

Berkurangnya kendaraan bermotor tentu akan berpengaruh pada tingkat polusi udara. Maka dari itu semakin sedikitnya kendaraan yang berlalu lintas akan membuat udara di bumi menjadi lebih sejuk, sehat, dan bersih.

5. Upaya menyelamatkan bumi

CFD bermanfaat untuk menyelamatkan bumi karena di hari itu jumlah asap yang dikeluarkan kendaraan bermotor sangat berkurang drastis, sehingga mengurangi tingkat polusi udara. Selain itu, CFD juga dapat mengurangi polusi suara dari kendaraan bermotor.*

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar