Serian Wijatno Ketua Umum PITI Periode 2022-2027

Ketua Umum Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) H. Serian Wijatno (kiri) secara simbolis menerima panji dari ketua umum PITI periode sebelumnya H. Denny Sanusi dalam Muktamar VI organisasi itu di Jakarta, Minggu (22/5/2022). (Foto: PITI)

KBRN, Jakarta: Muktamar Nasional VI Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) berlangsung Jumat 20 Mei 2022 sampai Minggu 22 Mei 2022, di Hotel Golden Boutique, Kemayoran, Jakarta Pusat. Mengusung tema "Dengan Semangat Islam Rahmatan Lil-Alamin PITI mengawal Pluralisme untuk NKRI".

Perhelatan nasional keenam organisasi yang berdiri sejak 1961 dengan agenda temu nasional anggota, sesepuh PITI, unsur pemerintah, dan tokoh lintas agama, pembacaan laporan pertanggung jawaban Plt Ketua Umum Denny Sanusi, dan sidang pleno pemilihan ketua umum baru.

Sebelum sidang pleno dibuka, sesepuh PITI, H. Jusuf Hamka memberikan nasihat tentang peran strategis PITI sebagai organisasi inklusif perawat pluralisme di Indonesia sehingga harapannya hasil Muktamar VI dapat membawa kebaikan dan persatuan umat.

"Dengan segala kerendahan hati, saya meminta agar PITI tidak ada perpecahan. Tidak ada dualisme. Kompak kembangkan PITI," pesan Jusuf Hamka kepada seluruh peserta Muktamar, Minggu (22/5/2022). 

Sesepuh Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI), H. Jusuf Hamka memberikan sambutan pada penutupan Muktamar VI PITI di Jakarta, Minggu (22/5/2022). 

Dalam muktamar tersebut hadir  sesepuh PITI antara lain H. Eddy Sulaeman dan H. Anda Hakim.

Sidang pleno dilangsungkan di bawah Ketua Sidang Sofyan Panigoro (Steering Committee), Sekretaris Aksan Visyawan (DPW Babel), Anggota Arta Dharmadi (DPP), Anggota Linda Lestari (DPW Yogyakarta), dan Anggota Muhammad Toha (DPW NTB).

Sebanyak 15 Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) yakni Jawa Timur, Jawa Tengah, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Kalimantan Selatan, Sumatera Utara, Kalimantan Barat, NTB, Bali, Lampung, Yogyakarta, Banten, DKI Jakarta, Sumatera Selatan, dan Jambi, hadir untuk menentukan pilihan mereka pada Muktamar VI PITI.

Masing-masing DPW dengan tertib menggunakan hak pilihnya menentukan nama ketua umum PITI begitu proses pemilihan dibuka. Muncul tiga nama kandidat, yakni H. Serian Wijatno, H. Denny Sanusi, dan H. Aksan Visyawan. Dari 15 suara terkumpul, H. Serian Wijatno terpilih dengan mayoritas 12 suara, lalu urutan kedua H. Denny Sanusi 2 suara, dan terakhir H. Aksan Visyawan 1 suara.

Dengan hasil tersebut, maka Muktamar ke-VI PITI resmi menetapkan Dr H Serian Wijatno, SE, MM, MH. sebagai Ketua Umum PITI periode 2022-2027.

"Saya mengajak para anggota untuk sama-sama memajukan PITI sebagai organisasi Islam nan unggul dan profesional mencerminkan Islam rahmatan lil alamin," tandas H. Serian Wijatno pada pidato penyampaian visi dan misinya di hadapan forum.

Cerminan Islam ada pada diri masing-masing umat Islam, sebab orang di luar Islam akan terlebih dahulu menilai Islam dari umatnya, maka jadi tantangan besar untuk berperilaku sesuai akidah 'Islam rahmatan lil alamin'. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar