Sampaikan Belasungkawa, Presiden Terkenang Jenguk Buya Syafii

Presiden Jokowi saat dua bulan lalu mengunjungi Buya Syafii di Sleman Yogyakarta (Foto: Instagram Presiden Jokowi).

KBRN, Jakarta: Presiden Joko Widodo menyampaikan duka cita atas meninggalnya mantan Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Prof Dr K.H. Ahmad Syafii Maarif atau Buya Syafii.

Buya Syafii menghembuskan napas terakhir sekitar pukul 10.15 WIB, Jumat 27 Mei 2022, di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

"Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Atas nama pemerintah, rakyat Indonesia, saya menyampaikan belasungkawa yang dalam atas berpulangnya Buya Syafii. Semoga segala amal ibadah almarhum diterima oleh Allah SWT, diampuni kesalahannya, dan segenap keluarga yang ditinggalkan sabar dan tabah," kata Presiden Jokowi di akun instagramnya, Jumat ,(27/5/2022).

Sisi lain, Presiden Jokowi terkenang saat dua bulan lalu menjenguk Buya Syafii di kediamannya di Sleman, Yogyakarta.

"Dua bulan lalu, saya datang menjenguk Buya Syafii di kediamannya di Kabupaten Sleman, Yogyakarta, saat beliau baru keluar dari rumah sakit seusai perawatan selama beberapa hari. Saat itu, beliau sudah sehat dan terlihat bugar. Itulah pertemuan terakhir saya dengan Buya Syafii," kata Presiden Jokowi.

Sementara itu, mendengar kabar duka wafatnya Buya Syafii, Presiden Jokowi langsung memutuskan bertolak ke Yogyakarta untuk bertakziah dan menyampaikan belasungkawa secara langsung kepada segenap keluarga almarhum.

Adapun, berdasarkan intormasi Biro Pers Kepresidenan Jakarta, Presiden Jokowi berangkat dari Istana Merdeka sekitar pukul 12.30 WIB selepas melaksanakan salat jumat di Masjid Baiturrahim, Kompleks Istana Kepresidenan, menuju hanggar milik Garuda Maintenance Facility (GMF) Kawasan Bandara Internasional Soekarno Hatta di Tangerang tempat Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 terparkir.

Presiden Jokowi yang hanya didampingi perangkat terbatas lepas landas sekitar pukul 13.50 WIB menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, dan setibanya di Yogyakarta akan langsung menuju Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta tempat disemayamkannya almarhum.

Turut mendampingi Presiden Jokowi yaitu Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar