[Cek Fakta] Keluar Dealer Motor Ditilang

Sebuah gambar tangkapan layar berupa unggahan soal video motor ditilang di dealer ketika baru dibeli (Foto: Kominfohoaks)

KBRN, Jakarta: Beredar sebuah unggahan berisi video yang didalamnya memperlihatkan seseorang sedang diberhentikan oleh petugas kepolisian. Video tersebut juga diklaim jika seseorang dalam video tersebut baru saja membeli motor dan langsung ditilang oleh polisi saat masih di area dealer.

Namun saat ditelusuri melalui Kominfohoaks, video seseorang yang diklaim baru saja membeli motor langsung ditilang oleh anggota polisi saat masih di area dealer tersebut adalah tidak benar. 

Sementara itu, Kasatlantas Polresta Bandar Lampung melalui Kanit Patroli Ipda Tajudin mengatakan motor tersebut bukan ditilang saat berada di depan dealer, tetapi kendaraan tersebut masuk ke dealer Kawasaki untuk menghindari penilangan karena tidak menggunakan plat nomor depan dan belakang, serta termasuk menggunakan knalpot bising. 

Namun, pemilik motor dan rekannya bertindak tidak kooperatif dan membuat video yang merugikan pihak kepolisian seakan mereka ditilang ketika baru saja membeli motor.

Maka dapat disimpulkan jika informasi yang beredar adalah hoaks atau salah. Faktanya,  motor tersebut bukan ditilang saat berada di depan dealer, tetapi kendaraan tersebut masuk ke dealer Kawasaki untuk menghindari penilangan karena tidak menggunakan plat nomor.

Referensi:

https://www.kominfo.go.id/content/detail/42731/disinformasi-video-motor-ditilang-di-dealer-ketika-baru-dibeli/0/laporan_isu_hoaks

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar