[Cek Fakta] Tidak Vaksin Dilarang Tarik ATM

Sebuah gambar tangkapan layar berupa unggahan soal tahun 2025 tidak bisa tarik tunai di ATM jika tidak divaksinasi (Foto: Kominfohoaks)

KBRN, Jakarta: Beredar unggahan video berdurasi 30 detik yang didalamnya terdapat narasi pada tahun 2025, Indonesia akan menyusul Malaysia di mana masyarakat yang tidak divaksinasi tidak akan bisa mengambil uang di ATM. 

Bahkan, video tersebut juga mencatut Menteri Dalam Negeri Malaysia Hamzah Zainudin.

Namun saat ditelusuri melalui Kominfohoaks, tidak ada data atau keterangan valid yang membuktikan bahwa Malaysia, melalui Menteri Dalam Negeri Malaysia Hamzah Zainudin tengah mempersiapkan microchip pada tahun 2025. 

Terkait kewajiban vaksinasi untuk kegiatan perbankan, Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia Junanto Herdiawan menyatakan bahwa informasi tersebut tidak benar. 

Konspirasi tentang microchip yang dipasang pada tubuh manusia merupakan teori yang kerap dikaitkan dengan vaksinasi. 

Perbincangan tentang ini marak terutama di tengah pandemi Covid-19, di mana masyarakat dunia diimbau untuk segera mendapat suntikan vaksin. Junanto menyarankan agar masyarakat tidak mudah percaya dan periksa kebenarannya terlebih dulu.

Maka dapat disimpulkan jika narasi dalam video yang beredar adalah tidak benar atau hoaks. Faktanya, Menteri Dalam Negeri Malaysia Hamzah Zainudin tengah mempersiapkan microchip pada tahun 2025. 

Referensi:

https://www.kominfo.go.id/content/detail/42738/hoaks-tahun-2025-tidak-bisa-tarik-tunai-di-atm-jika-tidak-divaksinasi/0/laporan_isu_hoaks

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar