[Cek Fakta] Isi Bensin Ganjil Hindari Kecurangan

Sebuah gambar tangkapan layar berupa unggahan soal Isi Bensin di SPBU dengan Nominal Ganjil Bisa Menghindari Kecurangan (Foto: Kominfohoaks)

KBRN, Jakarta: Beredar sebuah informasi yang mengklaim bahwa pengisian bahan bakar minyak (BBM) di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dengan nominal ganjil bisa menghindari kecurangan oleh oknum petugas SPBU.

Namun saat ditelusuri melalu Kominfohoaks, klaim yang mengatakan bahwa pengisian bahan bakar minyak dengan nominal ganjil dapat menghindari kecurangan oknum SPBU adalah tidak benar. 

Sementara, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting membantah adanya upaya kecurangan seperti pada klaim yang beredar di media sosial. 

Menurut Irto, jumlah BBM yang dikeluarkan akan disesuaikan dengan nominal pembayaran. 

Terlepas nominal pembayaran tersebut ganjil atau genap, kuantitas yang dikeluarkan sudah sesuai dengan nominal yang tercantum.

Maka dapat disimpulkan jika informasi diatas adalah tidak benar. Faktanya, jumlah BBM yang dikeluarkan akan disesuaikan dengan nominal pembayaran.

Referensi:

https://www.kominfo.go.id/content/detail/42711/hoaks-isi-bensin-di-spbu-dengan-nominal-ganjil-bisa-menghindari-kecurangan/0/laporan_isu_hoaks

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar