KTT G7, Konferensi Negara Industri Maju

Pemimpin G7 berkumpul untuk acara makan malam di Kastil Elmau di Kruen, dekat Garmisch-Partenkirchen, Jerman. (AP PHOTO/MARKUS SCHREIBER)

KBRN, Jakarta: Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 tahun ini digelar di Kastil Elmau, wilayah Garmisch-Partenkierchen, Jerman.

Forum yang digelar rutin setiap tahun itu beranggotakan tujuh negara industri maju. Anggota forum itu adalah Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Italia, Jepang, Kanada, dan Perancis.

Forum ini membahas situasi dunia yang bertujuan untuk mencapai keputusan dan kesepakatan demi bekerja sama di bidang-bidang tertentu. 

Namun, keputusan dan kesepakatan itu hanya bersifat usulan dan rekomendasi, sehingga tidak bersifat mengikat. Adapun hasil pertemuan puncak biasanya diumumkan dalam sebuah pernyataan bersama.

Namun, tahun ini, Jerman, sebagai tuan rumah KTT G7 tidak hanya mengundang negara anggota, melainkan juga mengundang Indonesia, Senegal, Argentina, India, dan Afrika Selatan. Negara-negara tersebut diundang sebagai mitra. 

Indonesia juga diundang karena sebagai Presiden G20 yang puncaknya akan berlangsung pada Oktober nanti. Presiden RI Joko Widodo pun telah menghadiri KTT yang berlangsung hanya selama dua hari tersebut. KTT G7 tahun ini berlangsung dari hari Minggu 26 Juni 2022 dan Senin 27 Juni 2022 waktu setempat. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar