[Cek Fakta] Ledakan Menghancurkan Gedung Kemkominfo

Sebuah gambar tangkapan layar berupa unggahan soal Ledakan yang Menghancurkan Gedung Kemkominfo(Foto: Kominfohoaks)

KBRN, Jakarta: Beredar sebuah gambar tangkapan layar yang didalamnya memperlihatkan cuplikan berita Tribun Timur dengan narasi yang mengklaim adanya ledakan.

Dalam gambar yang ada dikatakan ledakan tersebut terjadi di kota besar Indonesia yang menghancurkan Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

Namun setelah ditelusuri melalui Kominfohoaks, klaim narasi adanya ledakan di kota besar Indonesia yang menghancurkan Gedung Kemkominfo adalah informasi tidak benar atau hoaks. 

Selain itu, tangkapan layar tersebut juga merupakan manipulasi dari video yang tayang di akun YouTube Tribun Timur berjudul "Detik-detik Ledakan di Kota Besar Ukraina Serangan Rusia Hancurkan Gedung Perkantoran". Bahkan dalam video itu dijelaskan bahwa cuplikan yang ditampilkan merupakan publikasi dari Kepala Staf Pertahanan Kota Kharkiv, Ukraina.

Di sisi lain, tampilan Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kominfo berbeda dengan gedung warna putih yang diperlihatkan dalam dua unggahan tersebut. Gedung Kementerian Kominfo Indonesia memiliki lebih banyak kaca dan tidak seluruh tembok berwarna putih. Bangunan itu bisa dilihat di foto dalam berita ini dan ini.

Selain itu, hingga saat ini tidak ada informasi kredibel yang mengabarkan adanya ledakan di Gedung Kominfo. Maka dapat disimpulkan jika informasi dalam gambar yang beredar adalah hoaks atau tidak benar. 

Referensi:

https://www.kominfo.go.id/content/detail/43595/disinformasi-ledakan-yang-menghancurkan-gedung-kemkominfo/0/laporan_isu_hoaks

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar