Presiden Targetkan Pembangunan Puluhan Bendungan Hingga Tahun 2024

Presiden Joko Widodo berpidato saat menerima penghargaan ketahanan pangan dari International Rice Research Institute (IRRI), di Istana Negara, Minggu (14/8/2022). (Foto: Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)

KBRN, Jakarta: Presiden Joko Widodo menyatakan pemerintah menargetkan pembangunan 61 bendungan hingga tahun 2024 mendatang. Selain itu, pemerintah juga akan membangun embung hingga 4.500 unit.

Sejak 2015, kata Kepala Negara, Indonesia telah banyak membangun bendungan, embung, dan jaringan irigasi. Hingga kini, pemerintah telah meresmikan 29 bendungan besar dan jumlahnya akan bertambah hingga 38 unit pada akhir 2022.

"Kita akan selesaikan semuanya sampai tahun 2024," kata Jokowi, di Istana Negara, Minggu (14/8/2022).

Menurut Presiden, pembangunan infrastruktur tersebut dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan di Indonesia. Selama tahun 2019 hingga 2021, Indonesia konsisten memproduksi beras di angka 31,3 juta ton pertahun. 

Inilah yang dilihat Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO) dan International Rice Research Institute (IRRI).

"Karena memang jumlah itu adalah riil," ucapnya. 

Menurut Presiden, Indonesia dinilai memiliki sistem ketahanan pangan yang baik dan sudah swasembada pangan. "Itulah mengapa pada hari ini IRRI memberikan penghargaan," katanya melanjutkan. 

Di tengah ancaman krisis pangan global, Indonesia berkomitmen untuk terus meningkatkan produksi dan menjamin kecukupan pangan dalam negeri. "Sekaligus memberikan kontribusi bagi kecukupan pangan 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar