Puti Guntur Terkenang Fatmawati Pintar Menari India

Presiden RI ke-1 Soekarno bersama ibu negara Fatmawati/Dokumentasi/Istimewa

KBRN, Jakarta: Ibu negara pertama Fatmawati ternyata suka film dan tari India. Cucu pertama Fatmawati, Puti Guntur Soekarno mengungkapkan itu dalam wawancara Pro3 RRI, Jumat (19/8/2022).

Menurut Puti, Fatmawati sangat cinta dengan budaya Indonesia. Namun, sang nenek tidak menutup diri dengan budaya asing dengan belajar menari India.

"Di masa beliau menjadi ibu negara belajar tari India, sangat menyenangi film-film India dan menari India," katanya. "Dulu dipanggil guru tari india jadi kayaknya nurun ke saya."

Baca juga: Ibu Negara Fatmawati Punya Suara Merdu Saat Mengaji

Meski pintar menari India, Fatmawati cinta tari Indonesia. Kecintaannya kepada seni tari itu kemudian diturunkan kepada semua anak-anaknya.

"Putra-putri dan beliau itu diwajibkan untuk belajar menari," ucapnya. "Kecintaan terhadap perasaan nasionalismenya itu sangatlah kental, saya juga bisa merasakan bagaimana cara mendidik kami cucu-cucunya."

Baca juga: Bahan Kain Bendera Pusaka Merah-Putih Diberikan Militer Jepang

Fatmawati merupakan perempuan kelahiran Bengkulu, istri dari Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno. Ia dikenang sebagai penjahit Bendera Merah Putih Pusaka.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar