Tanah Candi Borobudur Kini Sudah Bersertifikat

KBRN, Jakarta: Kementerian ATR/BPN menyerahkan Sertifikat Hak Pakai atas tanah Candi Borobudur kepada Kemendikbudristek. Sertifikat tanah tersebut diserahkan langsung oleh Menteri ATR/Kepala BPN, Hadi Tjahjanto kepada Mendikbudristek, Nadiem Makarim.

"Sertifikat ini merupakan hasil dari kolaborasi berbagai pihak. Semoga dengan diterbitkannya sertifikat ini bisa memberi dukungan terhadap pengembangan pariwisata di Kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas Borobudur," ujar Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto dalam keterangan, Jumat (19/8/2022).

Hadi Tjahjanto juga memaparkan bahwa penyertifikatan Candi Borobudur merupakan bagian dari langkah yang dilakukan Kementerian ATR/BPN untuk mendaftarkan seluruh bidang tanah yang ada di Indonesia melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). 

"Sekarang ini kegiatan PTSL sudah berhasil mendaftarkan 74% dari seluruh bidang tanah di Indonesia, dari total 126 juta bidang. Penyertifikatan aset Instansi Pemerintah merupakan bagian dari PTSL yang harus segera diselesaikan, agar setiap bidang tanah di Indonesia dapat terdaftar dan terpetakan dengan baik," jelasnya.

Mendikbudristek, Nadiem Makarim mengatakan bahwa tahun 2022 ini merupakan tahun bersejarah bagi Candi Borobudur. Di awal tahun, Candi Borobudur disahkan menjadi tempat ibadah umat Hindu dan Budha dari seluruh dunia.

Tak hanya itu, Nadiem juga mengatakan Candi Borobudur ditempatkan sebagai tuan rumah dari Pertemuan Tingkat Tinggi Kebudayaan G20. Acara tersebut akan berlangsung pada bulan September nanti. 

“Dengan diterbitkannya Sertifikat Hak Pakai Candi Borobudur, semakin lengkaplah upaya kita untuk terus memajukan warisan kebudayaan bangsa. Nantinya, Candi Borobudur juga akan banyak dilaksanakan acara-acara," tutur Nadiem Makarim. 

Ia turut menyampaikan apresiasinya terhadap Kementerian ATR/BPN dan seluruh pihak yang terlibat dalam penyertifikatan tanah Candi Borobudur. “Capaian ini kita peroleh berkat gotong-royong dan kolaborasi yang melibatkan berbagai pihak,” ucap Mendikbudristek.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar