Puti Guntur: Ibu Fatmawati Suka Beli Buku Loak

Istri Presiden pertama Indonesia Soekarno, Fatmawati/Dokumentasi/Istimewa

KBRN, Jakarta: Ibu negara Fatmawati gemar membeli buku-buku dari tukang loak yang lewat depan rumah. Buku-buku tersebut dibelinya untuk cucu pertama, Puti Guntur Soekarno.

"Biasanya saya disuruh berhentiin tuh tukang loaknya oleh ibu Fatmawati," katanya kepada Pro3 RRI, Jumat (19/8/2022). "Wah lagi nggak banyak uangnya, beli bukunya lewat loak aja, bayangkan seorang ibu negara, yang penting bisa baca."

Fatmawati merupakan perempuan kelahiran Bengkulu, istri dari Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno. Ia dikenang sebagai penjahit Bendera Merah Putih Pusaka.

Puti menceritakan, sang nenek merupakan sosok yang gemar membaca. Kegemaran itu ditularkan kepada putra putri, serta cucu-cucunya.

"Kalau ada rezeki alhamdulillah kita pergi ke toko buku di daerah Kwitang Gunung Agung di dekat rumah," ujarnya. "Dulu rumah saya di daerah Cempaka Putih (Jakpus) jadi kita pergi ke Gunung Agung beli buku di sana."

Semasa kecil Puti selalu dibelikan Fatmawati buku-buku. Buku yang sering dibelinya adalah buku-buku kisah nabi, pewayangan dan legenda-legenda Indonesia.

"Buku legenda seperti Klenting Kuning, Bawang Merah Bawang Putih, Timun Mas lalu kemudian buku wayang," ujarnya. "Saya ingat banget itu."

Meski buku-buku loak, cerita yang terkandung di dalamnya tetap membekas di hati Puti, sehingga sangat cinta budaya Indonesia. "Saya senang sekali menonton wayang orang di daerah Senen (Pasar Senen Jakarta, Red) wayang orang Barata," ucapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar