TNI-Polri Junjung Tinggi Netralitas Pada Pilkada 2020

KBRN, Pangkalpinang: Danrem 045/Garuda Jaya Brigjen TNI M. Jangkung Widyanto menegaskan bahwa pihaknya menjunjung tingginetralitas terkait Pilkada Serentak 2020 di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Danrem menekankan kepada jajarannya agar memedomani netralitas sebagai penjabaran maupun pelaksanaan Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, sehingga tidak ada toleransi bagi pelanggar netralitas.

"Netralitas TNI jangan diragukan lagi, kalau misalkan ada jajaran kami yang bertindak tidak netral silahkan laporkan ke saya," ujar Danrem, jumat (25/9/2020) ketika memberikan sambutan di acara Rapat Koordinasi dan Deklarasi Aksi Damai Pilkada Serentak Tahun 2020 di Ruang Pasir padi Lantai III Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

Danrem berharap kepada semua paslon yang bertanding di Pilkada 2020 dapat memenangkan pertempuran dalam merebut gelar menjadi Bupati dan Wakil Bupati secara terhormat bukan menang diatas penderitaan rakyat.

Senada dengan Danrem, Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Irjen Pol Anang Syarif Hidayat juga menegaskan bahwa pihaknya berada di posisi yang sama dengan TNI yakni bersikap netral pada perhelatan pilkada 2020 dan tidak akan terlibat oleh politik praktis.

"Kami juga berada di posisi yang sama seperti yang diutarkan Danrem tadi. Dalam hal ini Polri akan bertindak netral. Jikalau misalnya ada jajaran kami yang bermain politik praktis silahkan laporkan," tegasnya.

Kapolda mengatakan, pihaknya bersama TNI akan menjamin keamanan setiap tahapan pelaksanaan Pilkada hingga selesai, agar tercipta Pemilukada yang damai dan bermartabat di negeri serumpun sebalai.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00