Perlancar Arus Balik, Kendaraan Angkutan Barang Dibatasi

KBRN, Jakarta : Demi memperlancar lalu lintas (lalin) pada saat arus balik usai libur nasional dan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H, pemerintah melakukan pembatasan kendaraan khususnya angkutan barang bersumbu 3 ke atas. Kebijakan ini didasarkan pada Surat Edaran dari Kementerian Perhubungan nomor SE.22/AJ.201/DRJD/2020 tentang Pembatasan Operasional Angkutan Barang Pada Masa Arus Mudik dan Arus Balik Libur Nasional dan Cuti Bersama Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H.

Prajudi, General Manager  Representative Office 2 PT Jasamarga Transjawa Toll Road Regional Division, mengatakan kebijakan pembatasan ini tidak berlaku bagi kendaraan angkutan bahan bakar minyak atau bahan bakar gas, pengangkut barang ekspor dan impor dari dan ke pelabuhan, air minum dalam kemasan, ternak, pupuk, hantaran pos dan uang serta pengangkut bahan pokok.

"Pengalihan lalu lintas kendaraan angkutan barang sumbu 3 ke atas dari Cirebon menuju jakarta dilakukan pada Gerbang Tol (GT) Palimanan 4," tutur Prajudi dalam keterangannya, Sabtu (31/10/2020).

Adapun waktu pelaksanaan kegiatan tersebut dipercepat yang semula direncanakan dimulai pada hari ini Sabtu, 31 Oktober 2020 pukul 20.00 WIB menjadi hari ini Sabtu, 31 Oktober 2020 pukul 12.00 WIB sampai dengan hari Senin, 2 November 2020 pukul 08.00 WIB. Untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas menuju Jakarta, maka dengan diskresi kepolisian akan dilakukan pengalihan lalu lintas kendaraan angkutan barang sumbu 3 ke atas pada titik KM 68 untuk diarahkan keluar Kalihurip. Pembukaan kegiatan pengalihan kendaraan barang pada GT Palimanan 4 tersebut dihadiri oleh  Dirlantas Polda Jabar, Kadishub Provinsi Jabar, Kepala wilayah IV perhubungan darat Provinsi Jawa Barat, dan juga Kapolres Cirebon.

"Kami bekerja sama dengan Polres Cirebon dan Dishub Cirebon demi kelancaran kegiatan tersebut," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00