Lemhanas Agar Terlibat Berkontribusi Peduli Sesama

KBRN, Jakarta : Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas (IKAL) Jenderal TNI Purnawirawan Agum Gumelar mengajak seluruh jajaran IKAL untuk memberikan kontribusi dalam membantu masyarakat di Indonesia yang tertimpa bencana alam, seperti banjir di Kalimantan Selatan, banjir di kabupaten Majene, Sulawesi Barat, serta gempa yang terjadi di Mamuju, Sulawesi Barat.

“Saya mengajak semua jajaran IKAL untuk terpanggil, yang namanya sumbangan merupakan bentuk kepedulian kita kepada kemanusiaan, tidak usah lihat berapa jumlahnya tapi kita peduli terhadap situasi lingkungan dan bangsa ini,” kata Agum dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I Tahun 2021 secara virtual, Rabu (27/01/2021).

Rakernas tersebut sebagai amanah hasil Munas ke IV IKAL di 27 Agustus 2019, dalam upaya menghimpun seluruh persoalan kebangsaan, membahas dan menuangkannya dalam program kerja lima tahun sekaligus opsi solusinya.

Agum melihat ada tiga hal yang menjadi tantangan dan permasalahan bangsa Indonesia saat ini, yakni pandemic Covid-19 yang harus segera teratasi, kemudian pemulihan ekonomi serta melemahnya kerukunan masyarakat karena faktor identitas, politik dan ideologi.

Oleh sebab itu, ia menilai kehadiran IKAL Lemhannas penting untuk berkontribusi serta mengawal berbagia kebijakan yang dikeluarkan pemerintah.

 “Sudah barang tentu, mengawal jalannya pemerintahan, harus dilakukan secara elegant, penuh etika dan sopan santun. Bukan mengawal di jalanan yang sering berujung dengan tindakan anarkis,” ujar Agum.

Selain membahas program kerja IKAL tahun 2021, juga menyinggung mengenai peran IKAL dalam melawan Covid-19. Dalam hal ini IKAL akan terus mengantisipasi situasi dan kondisi untuk melawan covid-19.

"Jadi covid-19 ini merupakan musuh semua bangsa tidak hanya di Indonesia saja, karena covid-19 memang tidak kelihatan dan kita tidak bisa melawan, maka sadarlah ada sebuah pemerintah yang ingin mengusahakan masyarakatnya. Kalau ekonomi sudah terhalangkan pastinya tingkat kejahatan akan semakin bertambah," ungkapnya.

Rakernas yang mengusung tema “IKAL-Lemhannas Sebagai Katalisator Keutuhan Bangsa“, dikandung maksud, para Alumni Lemhannas dimanapun dan di lingkungan apapun, mampu mendorong, dan memotivasi lingkungannya untuk mempersatukan, merukunkan dan mendamaikan masyarakat. Karena di dalam diri para Alumni bersemayam naluri katalis kebaikan dan keteladanan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00