Jakut Buka Layanan Vaksinasi Selama 24 Jam

KBRN, Jakarta: Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara (Jakut) terus berupaya memaksimalkan pencapaian vaksinasi Covid-19 bagi warga lanjut usia (lansia). 

Kini layanan vaksinasi tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat pada malam hari di setiap Puskesmas tingkat kecamatan se-Jakut.

“Mulai Ramadan vaksinasi Covid-19 bagi warga lansia dibuka sampai malam hari. Layanan ini ada di Puskesmas tingkat kecamatan se-Jakarta Utara,” kata Kasudin Kesehatan Jakarta Utara, Yudi Dimyati saat dihubungi, Rabu (14/4/2021).

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Puskesmas Kecamatan Koja dr Sri Puji Wahyuni menerangkan warga lansia yang belum menerima vaksinasi dapat mendatangi Puskesmas pada malam hari. 

Layanan ini menjadi solusi bagi warga lansia yang khawatir terjadinya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) apabila vaksinasi diterimanya siang hari saat berpuasa.

“Layanan di Puskesmas Kecamatan 24 jam. Kami prediksi 100 warga lansia bisa divaksinasi pada layanan malam hari ini,” terangnya.

Dipastikan Puji, layanan vaksinasi malam hari ini telah disosialisasikan kepada seluruh lintas kader baik Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Dasawisma, hingga Forum Komunikasi Lanjut Usia (FKLU). 

Peran kader ini lah yang menurutnya menjadi salah satu kunci suksesnya program vaksinasi Covid-19.

“Kader sudah kami beritahu. Seperti biasanya, ada beberapa lansia yang diantar-jemput oleh kader,” tambahnya. 

Diberitakan sebelumnya, vaksinasi Covid-19 tidak membatalkan puasa Ramadan sesuai dengan Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 13 Tahun 2021 tentang Hukum Vaksinasi Covid-19 pada Saat Berpuasa. Hal ini dikarenakan vaksinasi Covid-19 tidak menyebabkan hilangnya rasa haus dan lapar saat berpuasa. (Buy)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00