FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Vaksin Merah Putih Diproduksi Awal Tahun 2022

Konpers Kepala BPOM Penny Lukito(Foto: RRI.co.id/Rini)

KBRN, Jakarta : Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) RI, Penny Lukito mengatakan uji klinis Vaksin Merah Putih yang dikembangkan oleh Universitas Airlangga yang bermitra dengan PT Biotis akan selesai pada kuartal IV tahun 2021. 

Menurutnya, saat ini pengembangan Vaksin Merah Putih yang tengah dilakukan di dua instansi tersebut berlangsung di fase praklinis.  Oleh karena itu, ia memperkirakan vaksin tersebut akan dapat diproduksi massal pada awal 2022 .

"Tahap pengembangan Vaksin Merah Putih di Universitas Airlangga berlangsung di fase praklinis. Targetnya uji klinis rampung pada kuartal IV/2021 dan diproduksi massal awal 2022," katanya dalam keterangan pers secara virtual, Jum’at (16/4/2021).

Sementara itu, pemerintah juga menargetkan produksi massal pengembangan vaksin merah putih yang dilakukan Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman bekerja sama dengan PT Bio Farma (Persero) akan selesai pada semester II/2022.

Tak hanya itu,  PT Bio Farma, juga akan bekerjasama dengan perusahaan farmasi swasta lainnya terkait dengan penyiapan fasilitas pengembangan. Menurut Penny dengan upaya akselerasi yang tengah dilakukan, diharapkan izin penggunaan darurat (emergency use authorization/EUA) bisa dikeluarkan pada semester I tahun depan.

Sebagaimana diketahui, pengembangan Vaksin Merah Putih merupakan bagian dari Keppres No. 18/2020 tentang Tim Nasional Percepatan Pengembangan Vaksin Covid-19 di mana terdapat 6 universitas dan 2 instansi yang terlibat. (Editor: MDS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00