Haid Bermasalah, Coba Berbagai Makanan Ini

Ilustrasi (foto: istimewa)

KBRN, Jakarta: Kebanyakan perempuan selalu bermasalah dengan masa haid atau datang bulan. 

Apalagi jika haid tersebut tidak beraturan dan tidak teratur. Siklus menstruasi yang tidak teratur umumnya diakibatkan oleh faktor gaya hidup, pengelolaan stres, hingga beragam kondisi medis. 

Untuk mengatasainya, salah satu solusi adalah mengonsumsi makanan untuk lancar haid.

Mengatur konsumsi makanan atau minuman pun juga perlu. Untuk itu, simak di bawah ini lima makanan untuk lancar haid, diantaranya: 

1. Jahe

Jahe dipercaya bisa memicu kontraksi otot rahim, sehingga membantu mempercepat pelepasan lapisannya, dan haid pun jadi lancar.

Bukan hanya menjadi makanan untuk lancar haid, efek hangat pada jahe juga membantu mengurangi nyeri haid.

2. Kunyit

Masih dalam lingkup rempah-rempah, dilansir Halodoc, kunyit juga dapat menstimulasi aliran darah di rahim dan otot panggul.

Efek antispasmodik pada kunyit pun membantu meperluas rahim, yang biasanya terjadi sebagai tanda datang bulan.

3. Kacang dan biji-bijian

Secara umum kacang dan biji-bijian baik untuk kesuburan dan kesehatan reproduksi. Ketidakseimbangan hormon dalam tubuh, yang merupakan salah satu penyebab haid tak lancar, juga dapat diatasi dengan mengonsumsi kacang dan biji-bijian.

Untuk membantu supaya haid lebih lancar, pilih kacang kedelai atau kacang almond (kenari) untuk dikonsumsi.

4. Nanas

Menutu HelloSehat, di dalam nanas ada senyawa enzim yang dipercaya bisa memengaruhi hormon estrogen dan hormon lainnya. Kandungan tersebut berna abromelain.

Dalam Journal of The Pakistan Medical Association, bromelain membantu mengobati peradangan atau inflamasi, salah satu penyebab menstruasi terlambat.

5. Vitamin C

Bukan hanya baik untuk kekebalan tubuh, vitamin C juga dipercaya membantu supaya haid datang tepat waktu dengan siklus yang teratur.

Sayuran maupun buah yang kaya akan vitamin C pun diyakini para ahli bisa meningkatkan produksi estrogen dan mengurangi progesteron dalam tubuh, sehingga mentruasi jadi lancar.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00