Sapi di Tangerang Untuk Iduladha Positif PMK

Sapi-sapi yang positif penyakit kuku dan mukut (PMK) di salah satu peternakan di Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang. (Foto: Saaadatuddaraen/RRI)

KBRN, Tagerang: Lima ekor sapi untuk persiapan Iduladha 1443 Hijriah di Kabupaten Tangerang, positif terjangkit penyakit kuku dan mukut (PMK). 

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang Hustri Windayani mengatakan,sapi yang positif PMK ini merupakan hasil pengiriman dari daerah Wonogiri, Jawa Tengah.

"Lima ekor sapi yang positif itu berasal dari wilayah Wonogiri, Jawa Tengah dan hal tersebut diketahui berdasarkan hasil uji laboratirium yang dilakukan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang beberapa hari lalu," ujarnya kepada RRI.co.id, Minggu (29/5/2022).

Hustri menyebut, untuk lebih memastikan agar tidak menjangkiti puluhan hewan ternak lainnya, petugaspun telah mengambil sampel darah dan liur milik sapi dan kambing lainnya untuk diperiksa di laboratorium Balai Veteriner Subang, Jawa Barat. 

"Terlebih sapi-sapi dan kambing yang ada dilokasi ini sebagai persiapan perayaan Hari Raya Idul Adha nanti," tukasnya.

Dia juga mengaku, pihaknya sudah datang ke lokasi peternakan yang berada di wilayah Kecamatan Curug tersebut, untuk melakukan pengobatan pada lima ternak sapi PMK itu.

"Pengobatan dilakukan dengan memberi obat penurun demam, multivitamin, dan antiobiotik untuk mencegah terjadinya infeksi oleh kuman atau bakteri secara berkelanjutan," imbuhnya.

Hustri menambahkan, Pemerintah Kabupaten Tangerang juga sudah melaksanakan penutupan lokasi, dan hewan-hewan di kandang tersebut dan tidak boleh keluar atau dijual dahulu selama pemantauan serta akses keluar masuk untuk orang juga dibatasi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar