FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Vaksinasi Pedagang Tanah Abang Kembali Diwarnai Keributan

KBRN, Jakarta: Adu mulut kembali mewarnai proses registrasi vaksinasi Covid-19 bagi pedagang di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (2/3/2021).

Pantauan RRI.co.id, keributan terjadi ketika beberapa orang pedagang ingin melewati pintu masuk lokasi registrasi.

"Para pedagang ini sudah tahu prosedur registrasi seperti apa, tapi mereka masih cari alasan mau curi kesempatan masuk lebih dulu. Semua mau divaksin lebih dulu agar bisa segera kembali ke tokonya", ujar Asnawi salah satu petugas Satpol PP di lokasi vaksinasi, kepada RRI.co.id.

Saat diminta untuk menunggu dan melakukan verifikasi, terlihat para pedagang ini mengajukan sejumlah alasan agar diperbolehkan masuk. 

Sontak hal ini memicu protes dari pedagang lain yang telah lebih dulu mengantri.

Keadaan semakin kompleks ketika petugas di pintu masuk meminta 10 orang berikutnya masuk. Hal ini membuat semua orang berebut dan berdesakan untuk masuk. 

Aksi saling dorong dan protes pun tak bisa dihindari. Hingga akhirnya petugas keamanan area foodcourt lantai 8 Gedung Blok A Tanah Abang harus dibantu petugas Satpol PP, anggota Polisi dan TNI untuk merelai kerumunan yang terjadi.

Sembari menenangkan pedagang, petugas keamanan pun memberi arahan seperti apa seharusnya verifikasi dilakukan.

Asnawi menyebut, sejak awal vaksinasi dilakukan semua pihak yang berkepentingan memastikan prosedur vaksinasi diketahui pedagang. Sehingga dirinya meyakini para pedagang tahu betul prosedur registrasi vaksinasi.

"Mereka sudah tahu kok, kan sudah lebih dari 10 hari di sini (Blok A), cuma pada mau duluan saja" sambung Asnawi.

Sebagai informasi, proses registrasi pedagang Pasar Tanah Abang untuk mendapatkan vaksinasi dimulai dari pendaftaran online melalui link google form yang disediakan oleh pengelola PD Pasar Jaya. 

Kemudian pedagang kembali melakukan registrasi di lantai 9 Blok A bahwa telah mendaftarkan diri. Setelahnya dari lantai 9 para pedagang akan diarahkan ke lantai 8 (area foodcourt) dan lantai 12 (selasar masjid) sebagai lokasi vaksinasi.

Tiba di lokasi vaksinasi pedagang akan melakukan verifikasi dengan menyertakan tanda bukti pendaftaran yang diberikan petugas di lantai 9 serta identitas diri. Setelah verigikasi pedagang akan menerima bukti verifikasi yang nantinya dapat menjadi "tiket masuk" ke area vaksinasi.

Dari informasi, ditargetkan hari ini akan ada 2.000 pedagang pasar Tanah Abang yang menerima vaksinasi covid-19. Sementara sejauh ini sudah ada lebih dari 15.000 pedagang yang mendapatkan vaksinasi pertama. (Ccp)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00