Penemuan B117 dari Inggris, Ini Langkah Pemerintah

Foto:(Dok. Ist/Antara Foto/Reuters/Marko Djurica)

KBRN, Jakarta: Upaya mencegah meluasnya mutasi dari virus SARS-CoV-2 itu, pemerintah memastikan segera menelusuri temuan varian baru corona B117.

"Adanya temuan ini akan ditindaklanjuti dengan penelusuran segera dari kasus positif tersebut untuk mencegah meluasnya penyebaran," kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito, dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube BNPB Indonesia, Selasa (2/3/2021).

Wiku mengatakan, upaya lain adalah dengan memperketat pengawasan jalur masuk Indonesia. 

Selain itu, Satgas Penanganan Covid-19 juga terus melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pembatasan pelaku perjalanan internasional.

"Sebagaimana yang saya sampaikan dalam konferensi pers sebelumnya saat mensosialisasikan penetapan pelaku perjalanan internasional, pemerintah akan selalu berusaha adaptif dengan situasi dan kondisi yang ada termasuk perubahan kebijakan jika diperlukan," sambungnya.

Diketahui, ada temuan dua kasus mutasi virus corona B117 di Indonesia. Mutasi virus tersebut baru ditemukan pada Senin (1/3/2021) malam.

"Tepat satu tahun hari ini, kita menemukan mutasi B117, UK mutation di Indonesia. Ini fresh from the oven, baru tadi malam ditemukan 2 kasus," ujar Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono, saat memberikan sambutan dalam acara Satu Tahun Pandemi Covid-19.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00