Resep Kreasi, Puding Roti Bayam

Foto: istock

KBRN, Jakarta: Puding roti bayam dapat Anda jadikan makanan untuk anak.

Biasanya, bayam hanya dijadikan sayur bening. Namun, resep ala Ayudia Bing Slamet ini dapat juga Anda coba. Berikut resepnya; 

Bahan-bahan:

- 2 sdm mentega tawar

- 15 ons bayam muda, buang batangnya

- 2 sdm air

- 1 siung bawang putih kecil, cincang

- Garam dan merica secukupnya

- 250 g roti baguette, buang kulitnya, potong dadu berukuran ¼ inci

- 2 butir telur berukuran besar

- ¾ cangkir krim kental

- Buah pala, diparut

Cara membuat:

- Panaskan oven sampai 165 derajat celcius. Olesi loyang dengan mentega.

- Dalam wajan besar, lelehkan ½ sendok makan mentega dengan api sedang. Tambahkan bayam, air dan bawang putih, bumbui dengan garam dan merica, aduk beberapa kali. Tutup dan masak bayam hingga layu sekitar 2 menit.

- Letakkan saringan di atas mangkuk dan tiriskan bayam; berikan tekanan sedikit pada bayam untuk memeras airnya kira-kira ¼ cairan. Sebarkan bayam di atas loyang hingga dingin.

- Panaskan sisa 1 ½ sendok makan mentega di wajan besar. Tambahkan roti yang telah dipotong dadu dan masak dengan api sedang sampai bagian bawahnya berwarna kecoklatan, sekitar 3 menit. Aduk dan lanjutkan memasak roti hingga garing, sekitar 2 menit. Pindahkan roti ke piring hingga dingin.

- Dalam mangkuk, kocok telur dengan krim, dan sisa cairan masak bayam. Tambahkan ½ sendok teh garam, ⅛ sendok teh merica, dan pala. Masukkan bayam dan tuangkan campuran ke dalam loyang yang sudah disiapkan. Tambahkan roti yang sudah digaring secara merata di atasnya.

- Tempatkan loyang di dalam wajan pemanggang dan tuangkan air panas secukupnya ke dalam wajan hingga mencapai sepertiga sisi loyang. Panggang puding roti selama 35 hingga 40 menit. Biarkan puding agak dingin, lalu puding roti siap disantap.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00