Ragam Olahan Daging pada Momen Idul Adha 

KBRN, Jakarta:Sebentar lagi kita akan memasuki hari rayanya orang Islam berqurban atau hari Raya Qurban.

Di Indonesia biasanya hewan yang diperuntukkan untuk dijadikan hewan qurban adalah kambing, domba dan sapi.   

Tradisi yang tidak pernah hilang saat lebaran qurban ini yakni selalu dilakukan penyembelihan.

Setelah penyembelihan pasti kebanyakkan orang menerima daging qurban. Biasanya daging qurban yang didapat langsung diolah untuk dijadikan menu makanan bersama keluarga.

Momen memasak sendiri olahan daging qurban buat keluarga itu tidak akan kalah seru sama momen penyembelihannya lho. Tiap daerah tentu punya olahan khas daging masing-masing ya, tapi kali ini RRI punya rangkuman 5 sajian lezat dan populer untuk Idul Adha. Apa saja? berikut rangkumannya:

1. Tongseng sapi

Menu tongseng sapi mantap pasti banyak kita temui di Kota Solo dan Kebumen, walaupun di Jakarta sudah banyak yang menjualnya juga. Menu ini nggak jauh beda dengan gulai tapi bumbunya lebih tajam. 

Daging yang dipakai biasanya yang masih melekat degan tulangnya terutama iga dan tulang belakang. Tongseng biasanya dimasak di kuah kental, bisa juga ditambah variasi kol, bawang putih, tomat, kecap, dan lada. Jangan lupa disuwir sama brambang goreng ya!

2. Rendang sapi

Rendang adalah salah satu menu masakan kebanggaan Indonesia karena udah go international. Masakan khas Padang, Sumatera ini emang cocok di lidah semua orang, baik  Indonesia maupun mancanegara. 

Mumpung Idul Adha, daging sapi yang dibagikan biasanya banyak banget, kamu bisa juga mengolahnya menjadi rendang. Rendang ini aslinya punya cita rasa yang pedas dan kamu perlu ekstra sabar untuk memasaknya. 

Pasalnya, rendang yang nendang dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulang-ulang dengan santan kelapa hingga kering dan berwarna hitam pekat. Duh, jadi makin laper ya, Snackers.

3. Gulai kambing atau gulai sapi

Gulai atau gule ini emang nggak cuma ada di momen Idul Adha. Hampir di setiap rumah makan yang menjual sate kambing, gulai ini biasanya ada. Tapi, gulai ini makin populer pas momen Idul Adha. 

Gulai diolah dengan bumbu bercita rasa gurih. Rempah-rempah yang diolah sebagai bumbu ada kunyit, ketumbar, lada, lengkuas, jahe, cabai merah, bawang merah, bawang putih, adas, pala, serai, kayu manis dan jintan yang dihaluskan, dicampur, kemudian dimasak dalam santan. Masakan ini yang memiliki ciri khas berwarna kuning karena pengaruh sari kunyit. 

4. Sate kambing

Ini juga mainstream, membuatnya pun cukup mudah sehingga sering jadi menu favorit kala Idul Adha. Serangkaian kegiatan bikin sate kambing bareng keluarga, mulai dari potong-potong daging, tusuk-tusuk, terus mengoles pakai bumbu, atau membiarkan bumbu meresap dulu ke dalam sate dengan cara dibungkus daun pisang, sampai dengan momen bakar-bakar sate di atas arang jadi momen yang cukup riweh tapi nyenengin. 

Sate ini digemari oleh semua kalangan. Mau dimakan pakai lontong atau nasi, tetep endeuss!

5. Krengsengan

Bau sedap kalau masak krengsengan itu menusuk banget ke hidung. Krengsengan adalah masakan yang biasanya terbuat dari daging kambing yang dipotong kecil. 

Diberi bumbu tumisan yang terbuat dari bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, pala, ditambah dengan kecap manis pada waktu memasak, sehingga tidak banyak berkuah dan berwarna coklat tua kehitaman. Kadang juga dicampur dengan bagian jeroan kambing. Masakan ini umumnya dikenal di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta.

6. Semur daging 

Memiliki cita rasa yang sangat spesial, resep semur daging sapi juga merupakan cara yang familiar bagi masyarakat Betawi dalam memasak daging sapi yang enak. Membuat semur terkadang campur kentang, karena memang cocok bila disantap dalam kuah coklat pekat dari perpaduan bumbu kecap dan aneka rempah.

Tips sederhana agar memasak semur daging sapi sehari-hari di rumah menjadi lebih mudah dan cepat, adalah jangan terlalu tebal dalam memotong daging sapi, makin tipis maka akan semakin cepat empuk, sehingga kita juga tak perlu merebusnya terlebih dahulu yang biasanya membuat cita rasa daging menjadi kurang gurih dan segar.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00