Resep Makanan Viral Spaghetti Brulee Super Creamy

KBRN, Jakarta: Spaghetti menjadi salah satu jenis makanan yang digemari oleh berbagai kalangan. Varian menu yang diciptakan saat ini juga beragam mulai dari spaghetti agilo e olio, spaghetti bolognese, spaghetti carbonara. Namun, ternyata makanan ini disajikan berbeda cara masaknya dari biasanya, yakni dipanggang.

Umumnya spaghetti yang disajikan adalah pasta berbentuk mi kemudian direbus dan disiram dengan saus. Kali ini, sedikit berbeda karena pasta yang telah dimasak kemudian dipanggang ke dalam oven kurang lebih dua puluh lima menit.

Ketika anda menyantap spaghetti bernama "Brulee" rasanya tidak jauh berbeda dengan makroni panggang. Masih dalam jenis pasta, hanya saja dalam bentuk mie. Untuk menambah cita rasa ketika menyantapnya, taburi keju ketika spaghetti panggang hampir setengah matang. Sedangkan bagi pencinta rasa pedas tambahkan cabai bubuk diatasnya.

Cita rasa asam dan manis dari spaghetti bolognese, bercampur dengan gurih creamy spaghetti carbonara menjadi cita rasa unik dari spaghetti Brulee ini. Penasaran seperti apa resep spaghetti Brulee ini? berikut rangkuman resep dan cara membuatnya.

Bahan-bahan Bumbu Bolognese:

Pasta spageti instan1 bawang bombay3 siung bawang putih500 gram daging cincangSaus spageti bologneseGaram (secukupnya)Lada bubuk (secukupnya)2 sdm saus tomatOregano (secukupnya)Resperry (secukupnya)Minyak Goreng Secukupnya

Bahan-bahan Bumbu Brulee atau Bechamel (bagian atas):

200 gram Mentega4 sdm tepung terigu100 gram keju Quick Melt500ml susu cair1sdt garam & 1sdt lada bubukBubuk Pala (secukupnya)Gula (secukupnya)

Cara membuat Spaghetti Brulee:

1. Rebus pasta spageti selama kurang lebih 5 menit. 

2. Sambil menunggu pasta matang, tumis bawang bombay sampai berwarna kecoklatan, setelah itu masukkan cincangan bawang putih hingga harum dan masukkan saus tomat.

3. Setelah keduanya harum, masukkan daging cincang sedikit demi sedikit sambil ditambahkan bumbu lain seperti garam, oregano, rasperry, lada, gula sesuai selera dan aduk hingga merata.

4. Sambil menunggu dagingnya matang, tiriskan pasta spageti yang tadi direbus. Setelah tiris masukkan kedalam tumisan tadi dan diaduk hingga matang.

5. Setelah semuanya matang, masukkan spageti tadi ke dalam wadah kaca atau alumunium yang tahan dengan panas.

Sambil menunggu sedikit mendingin, kita buat sausnya brulee-nya:

1. Masukkan mentega di dalam panci dengan api yang standart. 

2. Setelah meleleh secara keseluruhan, masukkan tepung terigu dengan tetap diaduk agar tetap menggumpal dan masak sampai tidak ada aroma dari terigunya.

3. Setelah harum terigunya menghilang masukkan susu cair secara perlahan dengan tetap di aduk agar tetap merata.

4. Tambahkan bubuk pala, lada, gula dan garam didalam kuah susu tadi sesuai selera.

5. Sambil tetap diaduk masukkan keju sampai nantinya ada tekstur yang mengental.

6. Setelah saus brulee nya mengental, angkat dan tuangkan langsung diatas pasta spageti yang telah dimasak tadi.

7. Jika memang anda penggemar keju, bisa tambahkan parutan keju lagi diatas saus brulee.

8. Pasta spageti yang sudah siap tadi di panggang dengan suhu atas 140 derajat celsius selama kurang lebih 20 menit.

Spaghetti Brulee siap dihidangkan. Bagian atas saus bruleenya akan memiliki warna sedikit gelap. Namun saat kamu menyendoknya, saus creamy-nya akan lumer dan bercampur dengan saus bolognese. Selamat mencoba!

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00