Kuliner Idul Adha: Sop Daging Ala Rumahan

Sop daging sapi (Foto: Istimewa)

KBRN, Jakarta: Idul Adha memang tinggal hitungan hari saja. Hari kemenangan tersebut merupakan puncak ibadah haji bagi umat muslim. 

Momen ini akan diwarnai dengan salat ied serta penyembelihan hewan kurban. Jika anda bosan dengan menu olahan daging yang itu-itu saja setiap tahun, anda dapat mencoba ide menu makanan lezat khas Idul Adha yang bisa dihidangkan bersama keluarga.

Jika anda ingin menikmati olahan daging berkuah namun tidak bersantan, maka sop daging adalah pilihan yang tepat. Olahan daging dalam kuah kaldu sapi bening ini biasanya ditambah dengan irisan sayuran seperti kentang, wortel, buncis, kubis, tomat, serta daun bawang dan seledri dalam rebusannya.

Untuk menambah citarasanya, anda bisa menambahkan tulang sumsum atau tetelan dalam sop. Untuk menambah cita rasanya, tambahkan taburan bawang goreng ketika menyajikannya. Begini rangkuman resepnya:

Bahan-bahan:

- 1 kilogram (kg) daging sapi (campur tulang)

- 3 buah wortel

- 2 buah kentang

Bumbu Halus:

- 5 siung bawang merah

- 4 siung bawang putih

- 3 buah kemiri sangrai

- 1 buah pala

- 1 sdm lada

- 1 ruas jahe

Bumbu Cemplung:

- 4 buah kapulaga

- 3 buah bunga lawang

- Sebatang kayu manis

- 4 buah cengkeh

Taburan: Irisan daun seledri dan daun bawang, bawang goreng secukupnya, garam dan penyedap rasa, secukupnya air untuk merebus

Cara membuatnya:

1. Tumis bumbu halus hingga harum, sisihkan.

2. Didihkan air, masukkan potongan daging sapi, rebus sebentar sampai warna daging sudah berubah dan darah beserta kotorannya sudah keluar. Buang air rebusannya, ganti dengan air yang baru.

3. Rebus lagi daging sapi hingga empuk bersama bumbu cemplungnya, kapulaga, bunga lawang, kayu manis dan cengkeh (kurlang lebih 1 jam).

4. Cuci bersih kentang dan wortel, kupas lalu potong sesuai selera.

5. Apabila daging sudah empuk (bisa dites dengan cara ditusuk) campurkan bumbu halusnya yang sudah ditumis tadi, lalu masukkan wortel dan kentang.

6. Taburi garam dan penyedap rasa sambil diaduk. Koreksi rasa hingga pas di lidah.

7. Masak hingga daging dan sayuran benar-benar matang (Kentang dan wortel jangan terlalu cepat dimasukkan, karena teksturnya bisa lunak dan hancur).

8. Jika sudah matang, taburi irisan daun seledri/bawang dan bawang goreng, lalu matikan kompor, angkat, sajikan sop daging sapi dalam keadaan hangat dan segar.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00