Teknik Tepat Mengolah Daging Agar Tidak Alot

Daging ilustrasi mengolah (Foto: Istimewa)

KBRN, Jakarta: Hari raya Idul Adha akhirnya tiba! Banyak dari kalian pasti mendapatkan hewan kurban dan bingung bagaimana mengolah daging agar lembut dan empuk.

Daging sapi atau kambing bisa dimasak dengan berbagai jenis sajian. Apalagi jika anda menikmatinya dengan nikmat, tanpa alot saat digigit.

Lantas, bagaimana ya teknis memasak daging agar empuk? Simak ringakasan yang dikutip dari berbagai sumber:

1.Teknik merendam daging

Teknik merendam dengan beberapa bahan memang dipercaya dapat membuat daging empuk. Misalnya, merendam dengan buah-buahan seperti kiwi, nanas, pepaya, dan pir.

Buah-buahan tersebut mengandung enzim protease yang dapat memecah protein di daging. Contohnya dalam buah nanas mengandung enzim bromelain yang bisa bikin daging empuk.

Buah nanas cukup diparut dan dihaluskan. Lalu baluri daging dengan nanas dan diamkan selama 2 sampai 3 jam sebelum daging dimasak.

2. Teknik 5-30-7

Teknik 5-30-7 dipercaya dapat membuat daging empuk, menghemat waktu masak, dan menghemat pemakaian gas elpiji. 

Teknik ini dilakukan dengan cara merebus daging selama 5 menit dengan panci tertutup. Kemudian, setelah 5 menit, kompor dimatikan lalu diamkan selama 30 menit. 

Setelah itu, rebus kembali masakan selama 7 menit agar masakan matang sempurna.

3. Teknik Sous Vide

Teknik Sous Vide merupakan metode sehat dalam memasak daging agar empuk dan tetap nikmat saat disajikan. Teknik ini dilakukan dengan membungkus daging dalam kantong plastik kedap udara dan merendamnya dalam air yang bersuhu rendah.

Tingkat kelembutan daging menyesuaikan suhu air. Teknik ini banyak digunakan untuk memasak steak daging, ayam, dan ikan. Perkiraan waktu merendam juga menyesuaikan jenis daging yang ingin dimasak.

Daging yang dibungkus plastik biasanya dicampur dengan bumbu-bumbu seperti lemon, minyak zaitun, dan bawang putih.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00