Pusat Kuliner Palangka Raya Gratiskan Lapak UMKM

KBRN, Palangka Raya: Dalam rangka mendukung pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan juga program revolusi industri 4.0.

Salah satu pusat kuliner di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah  menerapkan pesan antar makanan dengan melalui smartphone.

Salah seorang Pengelola Pusat Kuliner O2 Food Market, Johny Antonius Lenak kepada RRI mengatakan, konsep tersebut masih terbilang baru di Kota Cantik karena masyarakat yang ingin menikmati makanan dan minuman, harus memesan melalui smartphone, meskipun berada di lokasi kuliner.

Sistem kerja dari pemesanan makanan ini dijelaskan Johny Antonius Lenak, dengan menggunakan barcode yang telah tersedia. Setelah masuk ke dalam aplikasi, terdapat daftar menu makanan dan minuman.

Tamu tinggal memilih melalui menu dari ponsel kemudian pelayan akan mengantarkan langsung ke meja pelanggan. 

"Lantaran ini masih dalam situasi Covid-19, cara tersebut mendukung upaya dari pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran virus. Selain penerapan teknologi sebagai inovasi layanan di tempat wisata kuliner sesuai dengan 4.0 yang selama ini terus digaungkan. Intinya, pelanggan atau tamu tidak perlu melakukan tatap muka dengan karyawan," ungkapnya, Jumat (26/2/21).

Johny Antonius Lenak menegaskan, pihaknya juga mengundang pelaku UMKM di bidang kuliner untuk mau berjualan di O2 Food Market, lapak jualan sudah disediakan secara gratis, begitu juga listrik dan air, sudah ada dari pengelola.

Pedagang hanya diminta menjual makanan dan minuman dengan harga murah dibandingkan dengan di luaran

"Semua gratis. Sudah disediakan oleh kami. Pelaku UMKM ibaratkan tinggal masuk saja dan berjualan. Tapi harganya jangan dimahalkan seperti berjualan di luar. Nanti ada hitung-hitungannya dengan kami, supaya bisa membiayai operasional dan lainnya," kata Johny. 

Berdasarkan pantauan, pusat kuliner ini berada di Jalan Rajawali, memang dipenuhi oleh pedagang UMKM. Tidak ada lapak yang kosong, semuanya telah terisi.

Animo masyarakat Palangka Raya pun luar biasa dalam menikmati kuliner khas dari masing-masing daerah maupun mancanegara.(DNS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00