Youtube Dipasangi Iklan Tapi Youtuber Tidak Kebagian?

(Ilustrasi)

KBRN, California: Suka tidak suka, saat ini tidak ada satu video pun yang aman dari iklan di YouTube, setelah pada hari Rabu (18/11/2020), platform ini mengumumkan pembaruan Persyaratan Layanannya. 

Kesimpulan besarnya: Raksasa video daring milik Google akan mulai menampilkan iklan di video yang bukan bagian dari Program Mitra YouTube (YPP), seperti dikutip dari Mashable, Kamis (19/11/2020).

Artinya, YouTube akan menampilkan iklan di video yang kreator kontennya bahkan tidak akan menerima sepeser bagian pendapatan. Sebelumnya, perusahaan ini hanya akan menampilkan iklan di kanal video yang sudah dinyatakan layak untuk dimonetisasi oleh penggunanya.

Menurut YouTube, perubahan tersebut terjadi karena "investasi berkelanjutan dalam solusi baru, seperti iklan Umpan Beranda, yang membantu pengiklan secara bertanggung jawab memanfaatkan YouTube secara penuh untuk terhubung dengan audiens dan mengembangkan bisnis mereka".

"Meskipun membantu pengiklan adalah langkah yang bagus, jujur ​​saja, mengapa perusahaan ini ingin membantu pengiklannya? Untuk membuat lebih banyak pemasukan! Dan ini adalah cara YouTube untuk menghasilkan pendapatan dari kemungkinan semua konten yang diunggah ke platformnya, bukan hanya video yang diunggah oleh pengguna yang secara eksplisit menyetujui konten mereka dimonetisasi," ungkap Mashable.

YouTube mengatakan pemilik saluran yang bukan bagian dari program monetisasi juga masih dapat mengajukan permohonan setelah mereka mencapai ambang 1.000 pelanggan dan 4.000 jam tontonan publik selama 12 bulan terakhir - ambang yang dengan sendirinya menimbulkan kontroversi ketika diluncurkan pada 2018.

Perubahan baru YouTube ini mulai diberlakukan pada Rabu di AS dan mulai pertengahan 2021 di tempat lain. 

Youtube mengirimkan tautan pembaruannya dalam tweet yang agak kabur, tidak membahas detail-detail perubahannya. Namun, secara bertahap, karena semakin banyak orang yang benar-benar membaca tautan ke pembaruan tersebut, sejumlah kritik mulai berdatangan terhadap perubahan kebijakan ini.

Pada dasarnya, jika Anda membuat video dan mengunggahnya ke YouTube, maka iklan sekarang dapat berjalan di video tersebut, suka atau tidak suka. Dan kecuali pemilik saluran adalah bagian dari program monetisasi, kreator konten tidak akan menerima bagian.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00