Klaster Keluarga Juga Berbahaya, Ini Cara Mencegahnya

Ilustrasi Penanganan Klaster Covid-19 dalam keluarga (foto:istimewa)

KBRN, Jakarta: Kasus Corona di Indonesia terus meningkat dan sudah tembus di angka 1 juta kasus pada Selasa (26/1/2021) kemarin. Hal tersebut juga bertepatan oleh perilaku masyarakat yang kurang agresif dalam mencegah penyebaran rantai Covid-19.

Namun, dalam hal ini tidak menutup kemungkinan jika penularan Covid-19 di lingkungan masyarakat berasal dari klaster keluarga. Tentunya kondisi ini menjadi perhatian penting bagi masyarakat dalam upaya menghindari Covid-19 dari orang-orang tersayang.

Kasus klaster keluarga COVID-19 di Indonesia bukan hal baru lagi. Pada dasarnya, kasus klaster keluarga COVID-19 tidak akan muncul apabila tidak ada anggota keluarga yang bepergian atau beraktivitas di luar rumah dan kembali ke rumah tanpa benar-benar membersihkan diri terlebih dulu. 

Kegiatan itu sendiri pun memiliki tujuan dan bukan untuk sekadar main atau jalan-jalan. Tetapi kebanyakkan pegawai harus tetap masuk dan banyak dari mereka pula yang mengharuskan dirinya menggunakan kendaraan umum.

Maka dari itu, apabila anggota keluarga terpapar di luar rumah dan pulang, orang rumahnya juga berisiko tinggi terkena. Parahnya lagi, jika orang yang menularkan ke keluarga itu merupakan orang tanpa gejala atau OTG. dan itu bisa menyebabkan penularan bagi anggota keluarganya yang memiliki imun rendah maupun memeiliki penyakit penyerta.

Namun, menanggapi hal ini tenyata ada sejumlah cara yang bisa dilakukan agar klaster dalam keluarga dapat dicegah. Dirangkum dari Instagram resmi Satgas Covid-19  @satgascovid19.id, berikut rangkumannya:

1. Jika tidak perlu sekali, jangan keluar rumah

2. Mengetahui potensi sumber penyebaran dari orang yang suka bepergian ke luar rumah

3. Jika ada gejala, gunakan masker meskipun berada di dalam rumah

4. Tetap terapkan protokol kesehatan saat menerima kunjungan orang lain ke rumah

5. Kurangi kegiatan sosial di tengah masyarakat

6. Jangan jalan-jalan atau piknik di tempat ramai

7. Terapkan protokol kesehatan di manapun berada

Selain itu Satgas Covid-19 juga mengimbau masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan 3M untuk mencegah penularan Covid-19. Protokol 3M yang dimaksud meliputi: mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, memakai masker, dan menjaga jarak.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00