Nikmati Pendakian Gunung Gede Selama Pandemi

KBRN, Jakarta: Pendakian gunung resmi dibuka. Namun begitu masih ada pembatasan bagi masyarakat yang akan naik ke puncak gunung Gede di Jawa Barat. Hanya 1.000 orang setiap harinya yang bisa melakukan olahraga outdoor di area Surya Kencana hingga puncak gunung Gede.

Salah satu pengurus basecamp Haji Oppa, Reza Alfarisi mengatakan, pembatasan ini dilakukan untuk mematuhi peraturan PPKM guna meminimalisir penyebaran covid-19.

"Sudah lama tutup, Alhamdulillah September pertengahan dibuka kembali. Semoga bisa seterusnya," ujar Reza dalam keterangannya, Rabu (22/9/2021).

Para pengunjung dapat mendaftarkan diri secara online dengan harga masuk tiket area sekitar 35 ribu rupiah perorang. Sebelum mendaki, para pengunjung juga dapat bermalam terlebih dulu di rumah penduduk, yang dijadikan basecamp bagi para pendaki sebelum melakukan perjalanan panjang. 

Usahakan mencari penginapan yang areanya tertutup agar bisa istirahat mengumpulkan tenaga, sebelum sampai ke puncak Gede.

Salah seorang pendaki asal Ciputat Tangsel, Day Firman (38 tahun) mengaku senang bisa melakukan olahraga terbuka jelajah alam. 

"Ini pertama kali ke gede, seru dan penuh tantangan, apalagi saya sudah pernah kena covid," ujarnya. 

"Melakukan olahraga terbuka, sekaligus menikmati alam ciptaanNya, agar terus menjadi mahluk yang bersyukur," tambahnya. 

Selama PPKM, area camping di Surya Kencana Gunung Gede tidak terlalu ramai. Tenda yang berdiri tidak sepadat biasanya. Namun dari pos 1 hingga pos 5, masih ada masyarakat sekitar yang membuka warung kecil berjualan minum, makanan ringan dan perlengkapan lainnya bagi kebutuhan pendaki.

Mendaki gunung Gede melalui jalur gunung Putri, estimasi waktu tempuh dengan berjalan santai, diperkirakan 8-9 jam.

Pastikan membawa perbekalan yang cukup berupa, makanan, minuman, obat - obatan, baju ganti dan yang pasti jas hujan. Karena cuaca yang sulit diprediksi.

Mendaki gede juga relatif memakan waktu yang cukup singkat. Hanya satu malam saja, bisa menikmati pemandangan alam yang luar biasa indahnya.

Selamat mencoba ya !

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00