Festival Danau Sentani Jayapura 2022 Siap Digelar

Para seniman asal Papua memeriahkan pra acara Festival Danau Sentani 2022 di Jakarta, Jumat (12/8/2022). Foto/ rri.co.id/Chaarly Reinhard

KBRN, Jakarta: Pemerintah Kabupaten Jayapura akan menyelenggarakan Festival Danau Sentani, Senin 24/10/2022. Acara tersebut dinyatakan siap digelar.

“Tahun ini kita selenggarakan di Oktober bertepatan dengan hari kebangkitan masyarakat adat di Jayapura. Sekaligus digelar kongres masyarakat adat seluruh nusantara,” kata Bupati Jayapura Matius Awoitauw saat acara Road to Festival Danau Sentani bertajuk ‘Papua Intimate Dinner’, Jumat (12/8/2022).

Tahun ini, Festival Danau Sentani digelar bersamaan dengan Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI. Sekaligus HUT Kebangkitan Masyarakat Adat Kabupaten Jayapura IX.

“Kami mau tunjukkan budaya dan keunikkan Papua. Kita akan suarakan keberagaman budaya yang kita miliki untuk membangun persatuan dan kesatuan Indonesia,” katanya.

Festival Danau Sentani adalah festival pariwisata tahunan yang diadakan di sekitar Danau Sentani terletak di Kabupaten Jayapura, Papua. Festival ini telah menjadi festival tahunan serta masuk dalam kalender pariwisata utama Kabupaten Jayapura. 

Pelaksanaannya akan berlangsung selama lima hari berturut-turut. Acara akan diisi dengan tarian adat diatas perahu, tarian perang khas papua, upacara adat seperti penobatan Ondoafi (kepala adat).

Menurut Bupati Jayapura ‘Papua Intimate Dinner’ bertujuan mempromosikan pariwisata Kabupaten Jayapura, yaitu Danau Sentani. Agar dapat meningkatkan jumlah turis lokal maupun internasional untuk menghadiri Festival Danau Sentani 2022.

Pihaknya juga mempromosikan keunikan budaya Kabupaten Jayapura serta produk-produk UMKM Papua. Pra acara Festival Danau Sentani 2022 dikemas dalam bentuk drama musikal mengangkat kebudayaan masyarakat di sekitar Danau Sentani.

Drama musikal dibawakan oleh artis-artis Papua yaitu Nogei (Stephen Wally dan Michael Jakarimilena), Putri Nere, Lala Suwages. Lalu ada Nobo Sasamu, Boii Adalah, serta para penari dari Kasbi dance.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar