Pertemuan Perdana Sandiaga Uno-Wagub DKI Jakarta

Kawasan wisata Thamrin 10, Jakarta Pusat.(Dok.Antara Foto/Dhemas Reviyanto/wsj).

KBRN, Jakarta: Sandiaga Uno menggelar pertemuan perdana sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Wakil bersama Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. Mereka bertemu di kawasan Thamrin 10, Jakarta di penghujung tahun 2020 ini, Kamis (31/12/2020).

Ternyata, mereka bicara tentang sektor ekonomi kreatif mengutamakan kesehatan.

"Di DKI ini, Alhamdulillah semakin banyak masyarakat yang patuh dan tingkat kepatuhannya cukup tinggi karena saya banyak keliling daerah tapi di DKI ini,” kata Sandiaga Uno saat peninjauan UMKM di Thamrin 10, Jakarta Pusat, Kamis (31/12/2020).

Sandiaga juga menyebut pertemuannya itu juga dapat menjadi koordinasi baik mengenai penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat dan disiplin.

"Kita ini berdua adalah dynamic duo yang pernah merasakan COVID-19. Selain kami berdua pak dirut (Pasarjaya) itu juga alumni dan kita berharp jangan sampai ada lagi yang terkena Covid-19, oleh karena itu saya tegaskan di sini, saya minta waktu Menkes yang baru bahwa sektor pariwisata dan ekonomi kreatif tetap mengedepankan, memprioritaskan, mengutamakan sisi kesehatan. Jadi sisi kesehatan lah panglimanya, kesehatan masyarakat adalah panglimanya," kata Sandiaga.

Sandiaga sang mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga mengatakan, bersama Pemprov DKI Jakarta menyambangi kawasan Thamrin 10untuk meninjau kesiapan UMKM dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Saya memastikan UMKM di kawasan ini memiliki sertifikat CHSE. Kedua, memastikan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin," ucapnya saat peninjauan.

Dia juga menjelaskan, sertifikat CHSE dan manfaatnnya bagi dunia pariwisata di DKI Jakarta.

“Sudah haki, sudah halal, terimakasih Nina Durian (nama outlet UMKM). Nanti kita coba di mobil supaya tidak kelihatan kelaparan," kata dia.

Dia juga meminta supaya seluruh pelaku usaha dapat berinovasi dari segi produk untuk bangkit dari keterpurukan dalam menghadapi masa pandemi Covid-19.

"Saya tadi sudah dapat update dari pak Gumilar bagaimana sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ini terpukul karena pandemi COVID-19. Jadi, harapan kita dengan berinovasi dari segi produk2 ekonomi kreatif yang tadi saya ditunjukkan sampai kepada produk-produk pariwisata,” kata dia.

Soal kebutuhan para UMKM, dia juga menyatakan, pemerintah siap memfasilitasi.

“Sehingga, pascapandemi pemulihan dari sisi kesehatan kita bisa menyiapkan," kata Sandiaga.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00